My Bukowski (Part 2)

My Bukowski (Part 2)
yeah, awalnya mencari bukowski saya sendiri ternyata tidaklah sesulit seperti yang harus dilakukan si dan humprey ketika ia harus mendatangi chuck bass ke apartemennnya, lalu mencoba merasakan malam di brooklyn a la chuck bass untuk menambah wawasannya dan berakhir dengan dibuat mabuk oleh chuck bass, terpaksa keluar dari mobil, serta harus menyusuri jalanan malam brooklyn tanpa sepatu.



bukowski saya, tidak membuat saya mabuk, juga tidak membawa saya ke klub malam untuk bertemu dengan wanita-wanita penghibur. tidak itu keterlaluan. bukowski saya juga tidak membuat saya harus melepas sepatu dan berjalan keluar dari mobil tanpa alas kaki, menyusuri jalanan di gelap malam yang dingin. tidak. tetapi ia secara tidak langsung mengatakan hal yang sama yang dilakukan chuck bass pad dan humprey malam itu :

chuck bass : tonight was nothing. you're just a drunken idiot. my amusement for the night.

apakah saya menyesal menjadikannya bukowski. tidak. cuma, seperti di setiap akhir episode gossip girl, sang narator berkata : spotted--dan humprey shoeless and clueless. (dan itulah yang terjadi pada saya, clueless. bedanya saya masih menggunakan 'sepatu' saya.)

tapi episode bukowski ini belum sampai di sini. saya belum membuat tulisan yang berbeda, tetapi saya mencoba melakukan saran gurunya si dan humprey, dan dalam hal ini, mencari rahasia terpendam dari bukowski saya, yang mungkin akan jadi sesuatu yang bagus.


guru : boo!

dan humprey : but--


guru : brooklyn kid sees a live hooker for the first time. loses his shoes. there's so much saccharine in this. it's giving me cancer.

dan humpery : alright, but i did what you told me. I-i went out with a guy i can't stand.


guru : oh yes. this charlie trout's character--now that guy's interesting, complex. A young mephistopheles. write from his point of view, then you'd have a story.

dan humpery : no, there's no way that i'm writing from his point of view. i hate that guy.


guru : you're judging the character, Humprey. You think Capote got national accalim for "in cold blood" by judging the murderers?

dan : i'm--i'm guessing no.


guru : dig beneath the surface. get into Charlie Trout's head. find the humanity.

dan : That might be difficult


guru : we all have a secret. A writer best tool is the baility to draw out a subject's secret and use it

dan : Okay, so i go back out there. make him trust me and find out his secret.


guru : Be ruthless and bring ne back a story with teeth.


tapi kemudian, saya pikir-pikir lagi. tidak-tidak. sudah cukup. saya mau cari bukowski lain saja. tapi tunggu dulu, bukankah saya juga sempat dikerjainya, dijadikan leluconnya, rasanya impas saja kalo saya mengeksploitasinya.

saya menimbang-nimbang, tapi malaikat baik membimbing saya pulang : well, if i have to exploit people to be a good writer. then, you know, maybe--maybe i'm not a good writer. i don't--i'd rather be safe than use people for art.

No comments

Powered by Blogger.