Lebaran Trip : Pantai Batu Karas



pantai batu karas
The Beach

Lebaran 1433 H kemarin kami sekeluarga mengunjungi kampung halaman masa kecil ayah saya di daerah Pangandaran, Ciamis Jawa Barat. Selepas acara keluarga, kmi melanjutkan acara keluarga di Pantai Batu Karas yang menurut banyak orang lebih bersih dan sepi dibandingkan Pantai Pangandaran. Tapi karena musim libur ya, pantainya sih, tetap penuh sih, tapi setidaknya tidak sepadat di Pantai Pangandaran. Pantainya cukup bagus, pasirnya meskipun nggak putih, tapi cukup lembut dan bersih. Dan ini adalah pertama kalinya saya ke pantai yang udaranya terbilang sejuk, bahkan saat main air di pantai selepas matahari terbit saya sampai mengigil kedinginan.


banana boat di pantai batu karas
Di sini kita bisa main Banana Boat dan berselancar. Saat kesini, cukup bnyak juga orang sing yang menunggu saat yang tepat buat berselancar, biasanya sih, menjelang sore gitu.
Bukit aman evakuasi yang letaknya ngga jauh dari tempat parkir
Salah satu bukit karang yang ada di tepi pantai. Di sebelah kanan pantai juga ada sih, lebih landai dan bisa dinaiki, tapi saya nggak sempat main-main kesana.
Bersepeda dari Pantai Pangandaran ke Batu Karas
Bersepeda dari Pantai Pangandaran ke Batu Karas, seru juga.
Ombaknya cukup friendly dan fun buat bermain kecipak-kecipuk atau menyewa papan selancar kecil seharga Rp.10.000
Warung Mang Aip
Menurut ayah Saya, Warung Mang Aip ini masakan ikannya paling Maknyus, meskipun harganya relatif lebih mahal, tapi ikannya beneran segar. Sayang, nggak sempet foto ikan bakarnya, karena keburu habis disantap :))
souvenir batu karas
Beda dengan Pangandaran yang view pantainya tertutup oleh para pedangang cinderamata, di Pantai Batu Karas para penjual dan pedagang ditempatka di lokasi tersendiri dan tertata rapi.
Di sini Ezra ngga terlalu banyak main air karena kecapean dengan perjalanannya, tapi dia seneng banget bisa main pasir dan bikin jejak kaki di sini.
The Hotel, kalo mau nginep di sini, mesti reservasi dari jauh-jauh hari ya, soalnya pasti penuh. Tapi di sekitar juga banyak hotel lain yang cukup nyaman dan bersih, seperti Bonsai Bungalow atau Pondok Putri.
desa cijulang
Sepanjang perjalanan menuju ke pantai, selepas Desa Cijulang kita akan disuguhi pemandangan persawahan dan ladang yang lumayanlah...daripada jenuh menunggu sampai di pantai.
green canyon
Dan kita juga akan menyusuri jalanan yang di pinggirnya adalah Green Canyon, warna airnya kehijauan dan di sisi kiri-kanannya ditumbuhi vegetasi yang lumayan rapat, beberapa adalah daun semacam pandan yang biasanya digunakan sebagai bahan baku tikar.


How To Get There :

Dari Bandung kita harus menempuh perjalanan kurang lebih enam jam ke arah Kota Ciamis, dari sana nanti kita akan menemukan petunjuk menuju Pantai Batu Karas, enjoy the ride, hehehe dan nikmati pemandangan pedesaan yang ada di sisi kiri dan kanan. Bawa camilan
dan minuman yang cukup juga. Kita juga akan melewati beberapa objek wisata yang lain sebelum sampai ke Batu Karas, seperti Pantai Karang Nini, Batu Hiu, dan Green Canyon. Jarak Batu Karas dari Pantai Pangandaran sendiri kurang lebih 34 km.

No comments

Powered by Blogger.