Current Mood : Jajanan & Kuliner Bandung Yang Bikin Baper

Saat ini kalau ditanya soal sesuatu yang sedang dikangenin hummm, serius susah jawabnya. 

Kalau mau yang agak serius dan bikin baper, daftarnya panjang. Dari mulai kangen sama sebuah rumah di masa kecil yang selalu jadi tujuan saat mudik lebaran, kangen sosok Kakek yang sudah almarhum, sampai kangen masa-masa SMU yang unforgettable dan magic


Tapi karena lagi nggak mau dibikin baper sama Mbak Rizka Alyna dan Alley di Arisan Blog Gandjel Rel Putaran ke-3 ini, saya mau sharing daftar recehan dari hal-hal yang dikangenin saat ini aja, ah. 

Ini nih, daftarnya:


Beli Bakso Di Tukang Bakso Keliling. 
Image from google. Hasil rekontruksi ingatan, Bakso Mang Abrag kuahnya lebih nyoklat.

Namanya Mamang Bakso Abrak, biasanya suka mangkal di perempatan komplek di kampung halaman saya di Cimahi. Jangan salah tangkap saya kangen sama Si Mamangnya, ya. Ini jenis kangen yang nggak bakal terobati meskipun tiba-tiba ada yang jual Mie Yamin dengan kuah kental dan mie kuning kenyal dengan rasa yang plek sama.

Soalnya, makan Mie Yamin di Mamang Bakso Abrak ini yang terngiang-ngiang adalah experience-nya. Itu lhoo, momen ketika nunggu Si Emang datang mendorong gerobak sambil membunyikan kentongannya dengan suara yang khas, momen ketika lari ke perempatan komplek sambil bawa mangkok dan menunggu Si Emang meracikkan semangkok mie, kemudian momen ketika, "Mang, bagi kecapnya lagi yaa...sama ini atulah, bawang gorengnya tambahin."

Momen itu nggak tergantikan banget rasanya. Momen tersebut jadi tambah ngangenin karena sekarang sudah nggak pernah lagi mengulang dan merasakan makan bakso dengan cara itu.

Alih-alih nungguin dan nyegat tukang bakso lewat di depan rumah, sekarang eranya nungguin Babang Gojek yang anterin pesenan. Atau malah kita sendiri yang harus menempuh perjalanan dengan jarak sekian dan sampai di tempatnya, lagi enak-enak makan diganggu pengamen dan pas mau pulang masih ditagih duit sama tukang parkir.

Dulu momen ngebakso di perempatan komplek bisa sekaligus jadi ajang buat ngobrol sama tetangga atau teman sebaya. Hari gini, langka banget kan momen kayak gitu.

Beli Jajanan Waktu SD.

Apa jajanan SD yang paling ngangenin buat kalian? Kalau saya selain Cireng dan Cilok, ada lagi satu makanan epik yang kayaknya kalau sudah segede sekarang ini ngga bakalan berani makan: sate usus ayam.



Pic from goggle image. Berdasarkan ingatan, sate usus di SD dibalut bumbu kelapa parut kuning. 

Sate usus di SD ini beda sama yang di bakul nasi ayam karena usus yang dibumbu kuning ini juga dikasih taburan parutan kelapa yang berwarna kuning. Rasanya gurih-gurih ngangenin. Masih inget sama penjualnya, seorang Bapak tua yang membawa bakul anyaman yang ditutup kain lap kotak-kotak.

Beli jajan waktu SD ini sesungguhnya practical life skill yang belum tentu dipelajari sama anak zaman milenial saat ini. Gimana nggak, sejak usia SD jadi sudah terbiasa untuk mengatur keuangan sendiri. Harus bisa menyesuaikan jenis jajanan dengan uang saku yang dimiliki dalam sehari. Kalau anak sekarang kan, biasanya bawa bekal dari rumah atau ikut katering sekolah.

Ngomong-ngomong tentang Sate Usus sekarang masih ada yang jual nggak, sih? Coba ada mesin waktu buat balik ke zaman SD bakal saya tanya resepnya deh, Sesebapak yang jual Sate Usus itu. 

Batagor Kuah Di Kantin Belakang SMUN 4 Bandung. 

Kalau pas tiba-tiba ketiban rezeki guru mendadak nggak masuk dan nggak ngajar di kelas, yang kami lakukan buka nyekrol linimasa, update status atau cekrek upload. Tapi lari ke kantin belakang buat mengisi perut dengan comfort food yang kenyangnya pas.

Pic from google. Versi belum dikasih saos pewarna tekstil dan kecap kental yang khas. 

Pesan semangkuk Batagor Kuah, sambil ngeracik sendiri pakai saos yang warnanya merah kayak pakai pewarna tekstil, kecap, dan sambel. Habis itu menikmati rasanya yang pedas manis anget sambil ngobrol sama teman-teman yang lain, sementara satu teman yang lain dijadikan 'tumbal' buat jaga kelas dan ngabarin kalau ada guru dateng.

"Woii, balik ke kelas Bu Itu/Pak Anu udah jalan dari ruang guru tuh." Karena ngabarinnya nggak pake miskol, sms, bbm apalagi wa, kadang saking terburu-burunya balik ke kelas suka ada yang kelupaan bayar. Makanya di kantin itu ada tulisan: Bayar Dulu Baru Makan.

Batagor Di Dekat Stasiun KA Bandung. 


Foto minjem Google lagi. Ini nih, penampilan batagor yang dibungkus plastik.



Kalau momen yang ini masih agak fresh karena ritual jajan batagornya terjadi setiap jam pulang kantor waktu sempat ngantor di Bandung dulu. Karena pulangnya naik angkot dan kadang harus ngetem dulu, jadi buat mengisi waktu mampir dulu beli Batagor dibungkus dan dimakan di angkot. 

Biar nggak menimbulkan ngeces penumpang lain, dibelilah gorengan nanti dibagi-bagi deh pas di angkot. Sambil makan bareng dengan penumpang lain ujung-ujungnya saling cerita kejadian di kantor. Dari sini jadi tahu kalau ada temen ngangkot yang kerja di ITB yang pernah kesasar di dalam kampus selama beberapa jam muter-muter nggak nemu jalan keluar.

Kadang gosip-gosip off the record juga bisa didapatkan dari obrolan di angkot ini. Untung belum ada Lamtur yang sukanya nguping dan cekrek-cekrek pake kekuatan henpon jadul.

Telor Gulung Sriwijaya Dan Seblak BEC.

Makin bertambah usia, makin gengsi buat jajan di tempat jajanan SD, hihihi. Pas udah punya anak, jadi punya alasan buat pura-puranya ajak anak jalan-jalan. Ceritanya napak tilas ke sekolah lama gitu.

Nah, pas lagi jalan-jalan itu, nemu jajanan unik yang terbilang kekinian karena di zaman saya SD belum ada. Duh, mata langsung cling, apaan tuuh, kok kayaknya enak. Namanya telur gulung. Sebenarnya ini telor biasa aja, cuma cara masak sama kemasannya aja yang dibikin beda dan menarik.

Foto dari Google. Ini nih, telur gulung yang enak banget itu. 


Sama kayak Seblak yang juga masuk ke dalam kategori jajanan kekinian di Bandung, di zaman saya dulu belum ada.

Itu bukti kalau kuliner Bandung itu bukan cuma enak tapi juga unik dan kreatif. Adaaa ajaa bahan yang bisa dieksekusi jadi jajanan yang ngehits.

Dua jajanan itu jadi semacam comfort food yang bisa menyatukan anggota keluarga, yang satu kalau beli harus dengan cara ngajak jalan-jalan anak, yang satu biasanya dipesan ramai-ramai sekeluarga dengan level kepedasan yang beda-beda juga, hihihi.

Lotek Dimanapun Kamu Berada. 

Kalau ini memang makanan everlasting favorit sejak zaman dulu kala. Karena jadi makanan favorit dan selalu bikin kangen jadi harus belajar untuk bikin sendiri.

FYI Lotek memang mirip sama Pecel kalau dari segi tampilan, tapi secara bumbu ada beberapa yang beda, yaitu pemakaian terasi, kencur, kentang/ubi sebagai campuran bumbunya.

Kemarin itu karena kangen banget sama masakan Sunda, akhirnya bikin menu buka puasa dengan tema kuliner Bandung, dari mulai lotek, bala-bala alias bakwan sampai seblak.

Ini nih, tampilan hasil masakan kemarin. 



4 comments:

  1. Wah jadi keingat makanan sewaktu kecil jga, kalo es yg tmpatny bisa jdi tempat nasi it hhhe kunbal y

    ReplyDelete
  2. Telor guluuungggg makanan favorit aku tiap lewat depan rumah hahahaha

    ReplyDelete
  3. Waaa...saya ngeces padahal buka masih luamaaa....hehe... Jajanannya bikin ngiler semua siih :)

    ReplyDelete

Powered by Blogger.