Rekomendasi Novel Dan Buku Untuk Food Enthusiast

Rekomendasi Novel Dan Buku Untuk Food Enthusiast

Kalau pas siklus males makan datang, biasanya setelah PMS berlalu, salah satu channel Youtube yang wajib tonton adalah channel-nya Ria SW. Pokoknya kalau habis nontonin channel-nya Ria SW, otomatis bawaannya pengin jajan, makan, atau masak. Jadi waktu Ria SW bikin buku, saya langsung kepo dan beli bukunya. Setelah mencoba merapikan beberapa kategori novel dan buku bacaan dengan tema foodies, kitchen, atau masak-memasak, saya akhirnya menemukan beberapa kategori buku dengan tema foodies yang bakal memuaskan selera baca para food enthusiast. Apa saja rekomendasi novel dan buku untuk para food enthusiast ini, simak yuk.

Kita mulai dari kategori novel bertema foodies atau masak-memasak dulu, ya. 

1. Madre oleh Dee Lestari

Dari novel ini, saya yang buta soal be-baking-an bread, jadi tahu kalau sebuah roti itu juga dihasilkan dari 'seorang ibu' yang bernama Madre. 

Madre adalah nama yang diberikan kepada adonan biang roti yang sudah berumur puluhan tahun, yang terbuat dari tepung, air, fungi bernama Saccharomyses exiguus dan bakteri. Dan ya, Madre itu hidup. 

Madre itu kemudian diwariskan kepada Tansen, peselancar yang harus hijrah kembali ke Jakarta setelah diwarisi Tan De Baker, sebuah toko roti. 

Madre sebenarnya sebuah kumpulan cerita pendek, ada 13 cerita di dalamnya, yang cukup menghibur. 

2. Kitchen oleh Banana Yoshimoto

“Tempat yang paling kusukai di dunia ini adalah dapur.”

Dapur adalah juga tempat untuk menumpahkan rasa duka yang dialami Mikage Sakurai yang baru saja ditinggalkan oleh neneknya. 

Pertemuannya dengan keluarga Tanabe mengantarkannya pada sebuah 'safe haven' ia melupakan kesedihannya dengan bergulat bersama aroma udon, acar, sobat, dan tempura. 

Menariknya, mood novel ini yang cenderung sedih jadi terasa lebih berwarna dengan beberapa kisah yang terjadi di dapur. Ada satu lagi kisah dalam buku ini, yaitu Moonlight Shadow. 

3. Aruna & Lidahnya oleh Laksmi Pamuntjak 

Membaca buku ini serasa ikut berpetualang mencicipi kuliner nusantara bersama Disast alias Aruna, yg di buku tersebut diceritakan sebagai seorang Epidemologist. Rasanya profesi Aruna ini masih terasa sebagai tempelan saja karena obsesi sesungguhnya adalah berburu kuliner khas setiap kota di Indonesia yang dijelajahinya bersama dua sahabatnya yang juga menggilai makanan, Bono, si chef, dan Nadehzda, si penulis artikel kuliner. 

Kuliner mana yang paling bikin kalian penasaran? Botok pakis? Nasi tempong Lombok, bakmi kepiting Pontianak, atau yang sambal kecombrang Jakarta? 

4. Off the Record oleh Ria SW

Meski bukan sebuah kisah fiksi, Off the Record karya Ria SW ini bisa jadi salah satu rekomendasi novel kuliner yang enak dibaca. 

Di buku ini 'Iya' menceritakan kisah yang tidak pernah ia ceritakan di balik layar vlog-nya. Salah satu buku yang bisa menerbitkan air liur dan jadi kepo pengin mencoba beberapa kuliner yang disebutkan di buku ini. 


Masih ada beberapa novel lagi sebenarnya yang sudah sempat saya baca, yang temanya berkaitan dengan makanan dan kuliner serta profesi koki, misalnya saja genre chic lit terbitan Gramedia : Georgia's Kitchen, The Recipe of Perfect Marriage, dan banyak lagi. Ada juga buku semi biografi Anthony Bourdain, Medium Raw yang cukup asyik dibaca. 

Kalau daftar bacaan di kategori ini bertambah, saya bakal update lagi ya, see you soon. 

No comments

Powered by Blogger.