Mall Terlengkap Favorit Warga Semarang

Mall Terlengkap Favorit Warga Semarang


Ingatan saya melayang ke tahun 2007-an, saat itulah pertama kalinya saya berkenalan dengan mal baru ini. Kehadirannya seolah menjadi angin segar karena di Kota Semarang kala itu masih minim sekali hiburan. Sejak awal muncul, mall ini memang sudah mencuri perhatian masyarakat Semarang yang butuh suasana baru. Tidak salah jika saat ini dipilih masyarakat Semarang sebagai mall terlengkap favorit.

Apa yang menjadi daya tarik mall yang lokasinya bersebelahan dengan balaikota, tepatnya di Jalan Pemuda No. 150 Semarang ini? 

Di masa lalu, yang saya sukai adalah adanya area food court yang luas dengan jaringan internet super cepat. Dengan keberadaan food court tersebut, banyak sekali pengunjung, seperti orang kantoran atau karyawan serta anak sekolah yang berkumpul di area tersebut. 

Memesan makanan dan minuman, lalu menggunakan laptop untuk mengakses internet. Saya termasuk punya kenangan di food court tersebut sebagai fresh graduate yang baru mengenal dunia kerja. 

Beli minuman lima belas ribu, untuk laptopan-an berjam-jam menjadi kebiasaan warga Semarang yang lekat dengan DP Mall, hingga muncul ujaran, nge-DP yuk. Istilah untuk buka laptop berjam-jam dan hanya order satu minuman. Wkwkwk, jangan ditiru yah. 

Mall Terlengkap Favorit Warga Semarang 

Tahun demi tahun pun berlalu, saya sudah berpindah ke beberapa kota, dan ketika kembali tinggal di Semarang, langsung pangling dengan perubahan DP Mall yang begitu pesat. 

Sempat menjadi mall yang nyaris sepi karena isinya hanya tempat-tempat belanja, pengembang pun tampaknya langsung gercep menangkap aspirasi dan kebutuhan masyarakat. 

Pandangan saya yang telah merantau di beberapa kota tentang DP Mall pun ikut berubah ketika masa-masa mall ini mulai tidak dilirik pengunjung. Ada masa di mana saya merasa tinggal di Semarang itu nggak ada harapan dan membosankan. 

Menurut saya, kondisi mall bisa menjadi indikator apakah sebuah kota itu memiliki pertumbuhan ekonomi yang baik atau tidak.

Kemudian di tahun 2018, saat mulai jenuh dengan suasana DP Mall, saya justru berkenalan dengan seorang Public Relations di hotel, yang tidak disangka-sangka ada di satu bangunan dengan mall tersebut, namanya Rooms, inc. 

Pandangan saya pun mulai berubah karena perlahan-lahan mall ini mulai berubah konsepnya. Belum sepenuhnya seperti yang teman-teman lihat di tahun 2022 ini, namun sudah ada angin segar dibandingkan suasana sebelumnya.

Apa sih, yang membuat mall ini kemudian terasa tidak lagi membosankan? 

Berbeda dengan beberapa tahun sebelumnya ketika DP Mall masih tampil minimalis dan belum terlalu ramah bagi pengunjung, di tahun 2022 ini sudah banyak sekali perubahan yang membuat mall ini makin nyaman bagi pengunjungnya.

Memang, pada awal dibuka, yaitu sejak 31 Agustus 2007, mall ini masih mengusung konsep ITC (International Trade Center) sebagaimana konsep sebagian besar mall yang dikelola Sinar Mas Group. Kalau tidak salah, sejak 2018, DP Mall Semarang mengubah konsepnya. Kalau di awal kita hanya menemukan tenant-tenant dan gerai untuk berbelanja, mulai ada hotel yang terintegrasi dengan mall, kafe-kafe untuk nongkrong, tempat rekreasi dan hiburan keluarga, dan juga food court

Saat itu kebetulan saya dan beberapa rekan diminta untuk menjadi planner bagi acara pembukaan kafe di area hotel yang saat itu masih menjadi bagian dari Hotel Rooms, inc. 

Tidak lama kemudian, saya menyaksikan beberapa area mall mulai direnovasi. Beberapa bagian ditutup dengan triplek pembatas yang diberi tulisan yang menjelaskan bahwa warga Semarang akan merasakan pengalaman baru nge-mall di DP Mall.

Jujur tidak pernah terbayang, konsepnya akan seapik yang terlihat saat ini. Dulu, saya sering mengeluh bahwa suasana dan arsitektur bagian dalam mall seringkali tidak ramah bag pengunjung. Tidak ada kursi untuk duduk-duduk, sarana-prasarana penunjang jalan-jalan yang kurang, dan minim ruang terbuka. 

Ketika DP Mall selesai merenovasi bagian dalam mall-nya, saya langsung terkagum-kagum dengan bagaimana mall ini pada akhirnya bisa menjawab kebutuhan pengunjung. Sirkulasi pengunjung yang nyaman, area terbuka untuk window shopping, toilet dan mushola, hingga penambahan gerai yang lebih kekinian.

Tidak salah jika setiap kali bertanya pada orang-orang di Semarang, di mana mall favoritnya, kebanyakan sepakat menjawab DP Mall. 

Apa pasal yang membuat mall ini jadi favorit? 

1. Hasil Polling Akun Kota, DP Mall jadi mall favorit warga Semarang. 

Tentu ini bukan hanya pendapat pribadi ya, dari beberapa cerita yang dikumpulkan oleh akun-akun Instagram Kota yang tahun 2022 sempat mengadakan polling mal favorit, DP Mall memang menduduki peringkat teratas, di antara mall-mall lainnya di Semarang. 

2. Nyaman Dikunjungi Saat Pandemi

DP Mall juga menjadi mall yang masih banyak dikunjungi orang di masa pendemi lantaran pihak pengelola benar-benar serius menjalankan protokol kesehatan. Alasan ini, menjadi alasan kedua hasil polling msyarakat, mereka merasa aman dan nyaman ng-mall di masa pandemi. 

3. Gerai-gerai asal luar negeri dan mall ibukota hadir di DP Mall. 

Gerai Sephora di DP Mall


Alasan selanjutnya, tentunya karena adanya gerai-gerai baru yang bermunculan yang belum ada di mall lainnya. Ini yang membuat DP Mall kembali menjadi favorit masyarakat Semarang.

4. Interior Apik dan Mengutamakan Kenyaman Pengunjung. 

Interior DP Mall


Mall yang berdiri di atas tanah seluas 2.6 hektar dengan luas bangunan kurang lebih 50.000 meter persegi, ini juga sangat memahami kebutuhan pengunjung. Toilet yang selalu terjaga kebersihannya, mushola yang lapang dan bersih, juga menjadi salah satu pilihan warga untuk 'ngabuburit di DP Mall.'

Menurut saya, terciptanya konsep DP Mall yang saat ini tidak lepas dari kiprah Sinar Mas Land yang merupakan satu-satunya pengembang properti dengan diversifkasi proyek terbanyak. 

Pengalaman Sinar Mas Land (SML) melakukan tata kota, mengembangkan berbagai retail dan pusat perbelanjaan, mengembangkan hotel, resort, perkantoran dan bahkan pemukiman membuat SML dapat mengumpulkan berbagai data mengenai konsep dan tingkat kenyamanan manusia dalam interaksinya dengan bangunan atau lingkungan.

Penterjemahan kenyamanan dalam bentuk sirkulasi, ruang berkumpul, interior dan pencahayaan di DP Mall, bahkan aroma khas DP Mall membuat mall ini menjadi favorit warganya. Tentunya Kota Semarang merasa bahagia karena hadirnya SML yang juga telah mengembangkan sayapnya hingga ke Singapura, Malaysia, China, dan UK ini mampu mengubah expereince masyarakat ketika nge-mall. Tidak salah jika kemudian pengalaman nge-mall di DP Mall ini diadaptasi oleh mall lainnya.

Sinar Mas Land sendiri saat ini tidak hanya telah menaikkan level kenyamanan sebuah lingkungan, tetapi juga memiliki kepedulian kepada masyarakat, dalam program CSR-nya, SML telah melakukan berbagai inovasi untuk masyarakat, misalnya mengaplikasikan aspal berbahan plastik di BSD City, mengadakan program Plastic to Food bersama Waste4Change dengan menukarkan 1 kilogram plastik untuk 1 kilogram beras, hingga memberikan beasiswa coding untuk pemuda di Kab.Tangerang.

Hadirnya tenant-tenant baru yang sebelumnya hanya hadir di ibu kota, atau kota besar lainnya, membuat DP Mall semakin diperbincangkan. Misalnya ketika Sephora mulai hadir, juga dibukanya KKV pada September lalu. Total saat ini ada sekitar 115 tenant dari berbagai brand dan juga gerai F&B.

Yang juga tidak kalah menarik adalah Hotel Rooms Inc yang makin bebenah dengan menggaet manajemen hotel baru, yaitu Artotel Group. Sama-sama memiliki konsep 'nyeni' dan instagramable, Rooms Inc menjadi salah satu bussiness traveler hotel yang makin diminati. 

Kepiawaian Sinar Mas Land dalam memilih lokasi hotel yang mampu mengangkat keberadaa destinasi wisata di sekitarnya juga membuat hotel ini memiliki kelebihan yang tidak dimiliki hotel lainnya, yaitu view bangunan heritage Lawang Sewu.

Nah, cerita jalan-jalan saya di hotel ini bisa teman-teman tonton di video berikut, ya. 



Selain berbagai program CSR yang dilakukan, bersyukur karena melalui Sinar Mas Land, saya juga bisa menyegarkan kembali pembelajaran tentang SEO. Kali ini, bersama Bang Dzulfikar atau akrab disapa Bang Dzul, saya kembali belajar SEO. Nah, biar memudahkan untuk dibaca ulang, saya membuat thread khusus tentang pelajaran SEO kali ini, di sini ya.

Belajar SEO bareng Sinar Mas Land



Nah, itu tadi cerita saya tentang mall terlengkap dan terfavorit di Kota Semarang. 





No comments

Powered by Blogger.