Ulasan Laptop ASUS ROG Strix SCAR dan Strix G

Ulasan Laptop ASUS ROG Strix SCAR dan Strix G

Meski laptop ASUS seri ROG identik untuk para profesional gamers, namun kali ini akan dibahas bagaimana keunggulan ASUS ROG Strix SCAR dan Strix G untuk aktivas membuat konten AI. Kedua laptop ini menjadi pilihan bagi para konten kreator untuk kerja cepat dan dapat diandalkan.Yang jelas ROG masih terus menjadi laptop gaming terbaik di Indonesia


Bagaimana tidak, ROG Strix SCAR 16/ 18 bisa jadi merupakan laptop paling powerful yang diperkenalkan oleh tim ASUS di awal tahun 2024 ini. Bisa dilihat dari prosesornya yang menggunakan spek paling tinggi; CPU Intel® Core™ i9-14900HX dengan TDP hingga 65W.



Ada dua laptop yang diperkenalkan dalam acara blogger gathering di Hotel Awann Sewu (Jumat-16 Februari,2024) yang lalu. Yang satunya lagi adalah ROG Strix 16/ 18 memiliki spek yang sedikit di bawah seri SCAR. Untuk spek CPU-nya masih sama, tetapi untuk TDP-nya hanya hingga 65 W saja. GPU yang digunakan oleh ROG Strix 16/ 18 ini beda satu level, yaitu NVIDIA GeForce RTX™ 4080.

Nah, dengan spek dewa seperti itu, mengerjakan konten berbasis AI pasti sangat mumpuni kan. Hal ini tentunya ditunjang oleh kehadiran Memori DDR5 dan penyimpanan PCIe Gen4 x4 SSD yang akan mempercepat transfer data.

Untuk Strix SCAR ditenagai dengan 64GB DDR5 5600MHz RAM dan 2TB+2TB PCIe® 4.0 SSD with Raid 0. Sementara untuk Strix G16/18 ditenagai oleh 32GB DDR5 5600MHz RAM dan 2TB PCIe Gen 4.0 SSD, serta masih menyediakan 1 slot kosong agar pengguna bisa mengupgrade-nya. 

Sisi lain yang juga sangat diperhatikan oleh ASUS adalah keduanya telah dilengkapi dengan sistem pendinginan Tri-Fan dan vapor chamber yang dapat menjaga suhu operasionalnya secara optimal.

Belum lagi didukung dengan sistem pendingin canggih ROG Intelligent Cooling, yang mencakup liquid metal, kipas Arc Flow Fan generasi ke-2, dan heatsink tipis. Agar stabilitas performa tetap terjaga. 

Yang juga cukup membuat saya terkesima adalah adanya panel Armoury Crate yang memungkinkan tuning performa, termasuk pengaturan clockspeed dan fan curve, serta opsi untuk mematikan core CPU tertentu. Dahlah canggih pol. 

Untuk para gamers, tampilan audio-visual juga sangat penting, termasuk saat digunakan untuk membuat konten AI, ketajaman gambar, dan keramahan sinar dari layarnya yang membuat kita bisa berlama-lama menatap layar laptopnya. 

Dalam hal tersebut ROG Strix SCAR 16/18 sudah dibekali dengan layar ROG Nebula HDR yang menggunakan panel Mini LED. Sementara untuk si ROG Strix 16/18 dibekali dengan layar ROG Nebula Display. Ukuran layarnya juga lebih luas dibandingkan layar laptop gaming pada umumnya.

Untuk konektivitas, laptop gaming ini juga sudah support WiFi 6E, Thunderbolt 4 dan Type C Fast Charging hingga 90Wh.

Jika biasanya laptop gaming hadir dengan ukuran 15 inch, Strix series ini hadir dengan ukuran 16 dan 18 inch. Untuk kenyamanan mata, laptop gaming ini sudah dibekali dengan TUV Rheinland Certification, artinya laptop ini sudah didukung dengan teknologi low blue light yang nyaman di mata. 

Sementara itu, layar Strix Series ini juga sudah support Vivid 100% DCI-P3 10 bit color dan gamut mapping, serta kecerahannya bisa sampai 1100nits untuk yang tipe SCAR. Sementara untuk yang Strix G16/18, kecerahannya bisa di angka 500nits.

Saat akan melakukan pemrosesan grafis, Strix Series ini sudah didukung dengan teknologi MUX Switch yang bisa memastikan pemrosesan grafis optimal di GPU diskrit. Untuk Strix G16/18 didukung juga dengan Dolby Vision HDR, sementara untuk Strix SCAR didukung sertifikasi dari VESA untuk DisplayHDR 1000.

Dengan begitu udah nggak ada lagi saat-saat kritis laptopnya nge-lag. Apalagi didukung dengan teknologi Dolby Atmos yang bikin audio-nya nggak kaleng-kaleng. 



Itu tadi ulasan mengenai kedua laptop yang menjadi andalan ASUS Republic of Gamers (ROG) di tahun 2024. Selain menjadi yang pertama, ROG juga menghadirkan jajaran laptop gaming paling lengkap untuk para gamers di Indonesia mulai dari seri TUF Gaming yang menyasar gamer pemula, ROG Strix SCAR dan Strix G yang powerful. Semuanya dibekali hardware dan teknologi terbaru seperti CPU Intel® Core™ Ultra Series dan AMD Ryzen™ 8000 Series, serta GPU NVIDIA GeForce RTX™ 40 Series. 

Untuk harganya kita sama-sama tunggu official dari ASUS ya, siapa tahu tahun ini bisa menjadi rezeki memiliki laptop dengan spek dewa yang mendukung produktivitas. 


No comments

Powered by Blogger.