Ketika Buku Lebih Dari Sekedar Bacaan( by : Wiwiek Sulistyowati)

Selain berfungsi teman yang sangat setia ketika sedang menunggu kereta di stasiun, nunggu teman yang ngaret lebih dari dua jam, buku juga bisa jadi great motivator/penyemangat hidup ketika sedang down/desperado or lainnya.



Ada beberapa buku yang mampu menyalakan api semangat yang kadang-kadang redup tertiup angin.
5 CM nya DONNY DHIRGANTORO, berkisah tentang persahabatan 5 orang yang begitu solid hingga akhirnya memutuskan untuk berpisah sementara. Pertemuan mereka dirayakan dengan melakukan pendakian ke Semeru. Membaca novel ini saya kembali terkenang dengan perjalanan menggapai atap pulau Jawa tersebut. Ada kalimat yang indah, yang selalu saya ingat kala membutuhkan kobaran api semangat.

"Biarkan semua keyakinan, keinginan, cita-cita dan harapanmenggantung.....menggambang ....5 centimeter ....di depan kening kamu ....sehabis itu yang kamu perlu cuma ....kaki yang akan berjalan lebih jau dari biasanya,tangan yang akan berbuat lebih banyak dari biasanya,mata yang akan menatap lebih lama dari biasanya,leher yang akan lebih sering melihat ke atas,lapisan tekad yang seribu lebih keras dari baja,hati yang akan bekerja lebih keras dari biasanya,serta mulut yang akan selalu berdoa ....."
LIFE OF PI by YAN MARTEL
Ketabahan dan ketegaran Pi mengarungi Samudra Pasific bersama seekor Harimau Benggala selama 7 bulan sangat mengagumkan. Pi mampu melihat segi positif dari musibah yang menimpanya, yang tercermin dalam kalimat "beruntung ada Richard Parker (nama harimau) yang menemaniku, jika tidak mungkin aku sudah didera kesedihan dan putus asa yang berkepanjangan memikirkan keluargaku yang tenggelam"
Ah, Pi memang hebat
STEPHEN KING ON WRITINGSebuah memoar yang ditulis oleh Stephen King ketika ia mengalami kecelakaan yang hampir merenggut nyawanya. Selain bercerita tentang masa kecilnya, dalam buku ini King juga berbaik hati memberikan tips menulis dan proses kreatifnya ketika menulis novel. Buku ini menjadi bahan contekan yang bermanfaat jika ingin menulis cerita thiller.
Sebenarnya masih banyak buku2 yang inspiring, tapi nanti akan saya tulis di postingan akan datang.

Tulisan ini dibuat dalam rangka bagi-bagi buku gratis yang diselenggarakan oleh mba nia

No comments

Powered by Blogger.