Rambut Rontok Saat Menyusui : Ini Solusinya.


Kehamilan jadi momen yang membahagiakan buat saya. Meski di trimester pertama merasakan keluhan seperti mual dan morning sickness, namun ada hal-hal positif lainnya yang patut disyukuri. Salah satunya, rambut yang jadi lebih tebal dan glowing. Tapi masa-masa itu rupanya ngga bertahan lama, memasuki masa menyusui, rambut jadi mudah banget rontok, lepek, dan menipis. Solusinya apa, ya.

Rambut Rontok Setelah Melahirkan, Kenapa Ya?


Sebenarnya, setiap hari rambut kita memang harus ada yang rontok, jumlahnya wajar. Ada beberapa helai dalam sehari. Di masa kehamilan, rambut yang biasanya rontok berkurang drastis, selain karena hormon kehamilan menahan proses tersebut, suplemen kehamilan juga membuat rambut kita selama masa kehamilan jadi lebih tebal dan bersinar.

Penyebab rambut rontok saat menyusui adalah faktor hormonal. Adanya perubahan kadar hormon yang sangat drastis saat kita hamil dan pascamelahirkan sangat ekstrem sehingga mengakibatkan beberapa perubahan pada kondisi tubuh secara keseluruhan, termasuk pospartum hair loss alias rambut rontok pascamelahirkan.

Kerontokan rambut secara drastis ini terjadi ketika hormon kehamilan sudah benar-benar menghilang dari tubuh, yakni sekitar tiga bulan setelah melahirkan.

Meskipun kondisi tersebut wajar, namun di beberapa ibu terjadi kerontokan yang serius.

Untuk mengatasinya, ada beberapa solusi yang bisa dicoba untuk mengatasi rambut rontok selama masa menyusui : 


1. Perbanyak Konsumsi Makanan Yang Mengandung Protein.

Protein yang diasup ibu menyusui juga akan menjadi bahan baku ASI, jadi sebisa mungkin atur asupan agar memenuhi juga kebutuhan AKG Busui.

2. Rutin Mencuci Rambut.

Selama masa menyusui, upayakan untuk tetap rajin mencuci rambut, maksimal seminggu 3 kali. Sebelum mencuci rambut, sisir terlebih dahulu rambut agar bagian yang kusut terurai.

3. Jangan Mengikat Rambut Terlalu Ketat.

Ada baiknya, jika saat tidur di malam hari kita melepas ikatan rambut terlebih dahulu. Gunakan ikat rambut berbahan kain elastis yang lembut.

4. Gunakan Shampoo dan Conditioner Khusus untuk Ibu Hamil atau Menyusui.

Di masa hamil dan menyusui, ada beberapa hal dalam keseharian yang harus disesuaikan ulang, salah satunya dalam hal merawat tubuh. Sama seperti nutrisi makanan dan produk per-skinkeran, perawatan tubuh dan rambut juga harus disesuaikan dengan kebutuhan ibu di masa menyusui ini.

Pasalnya ibu menyusui sedang berada di momen spesial yang melibatkan buah hati yang sedang bertumbuh. Tentunya apa yang kita asup dan kenakan sebisa mungkin aman, natural, halal sehingga berpengaruh baik bagi pertumbuhan dan perkembangan buah hati.

Apalagi jika kita sedang hamil dan menyusui, harus berusaha maksimal agar tidak ada toksin-toksin atau zat berbahaya yang ikut terbawa ke dalam ASI sehingga memengaruhi bayi.

Dikutip dari www.pregnancybirthbaby.org.au,
jika ibu hamil atau menyusui terpapar sejumlah bahan kimia untuk waktu yang lama, kemungkinan anak akan berisiko lebih tinggi mengalami kelainan bawaan. Di antaranya bibir dan langit-langit mulut sumbing, cerebral palsy, down syndrome, dan masalah seputar jantung.

Jadi nggak cuma memilih asupan makanan saja yang harus diperhatikan, pemilihan produk perawatan tubuh juga penting. Jangan sampai, zat-zat tidak aman tidak sengaja masuk ke aliran darah buah hati kita, misalnya lewat sentuhan tangannya di wajah kita yang mengenakan pelembab atau zat-zat lain masuk dari pori-pori kulit kita ke aliran darah.

Pengalaman Menggunakan Mama's Choice Hair Care.  


Nyesel deh, baru nemu produk Mama's Choice Hair Care ini setelah si bayi berusia 10 bulan. Tahu gitu kan, sejak awal pakai sampo dan kondisionernya ya.

Masalah yang saya alami selepas melahirkan adalah rambut rontok lumayan parah, terus gampang lepek dan menipis. Pokoknya sedih sih, kalau bandingin kondisi rambut sama waktu hamil.

Apalagi di masa pandemi gini, mau nyalon untuk perawatan rambut susah bener deh. Belum lagi ada Si Bayi juga kan. Makanya, saya memang perlu produk perawatan rambut khusus Busui yang bisa diandalkan.

Nemu produk Mama’s Choice ini beneran membantu mengurangi kekhawatiran saat hamil & menyusui karena produk yang digunakan lebih aman, halal dan natural. Andalan deh, buat #KurangiWorry #KurangiRontok

Selain hair care juga ada banyak produk #PilihanAmanMama lainnya. Buibu bisa kepoin produknya apa saja, di website resmi Mama's Choice atau akun sosial medianya.  

Baru seminggu kemarin nyobain Mama's Choice Hair Care yang terdiri dari sampo dan kondisioner. Selama tiga kali keramas, ada beberapa hal yang jadi catatan nih. Apakah bakal lanjut pakai produk Mama's Choice Hair Care ini? Baca yuk, ulasannya.




1. Kemasan

Oke, sebagai Busui dapet paketan kayak gini siapa yang nggak happy. Rasanya personal banget. Didesain dengan kardus dan jendela mika yang membuat kita bisa mengintip isi produknya. Warna pink dan putih yang fresh juga grafis yang cantik. Di dalamnya ada bonus sisir kayu yang cakep pula. Rekomen juga kalau mau buat kado.

Botol sampo dan kondisioner yang tinggi dengan plastik matte (permukaan luar botol jadi ngga licin) dan pump (tinggal pencet dan bisa memperkirakan jumlah cairan) cocok banget desaiannya buat Busui yang penginnya praktis dan cepet.

2. Tekstur Sampo & Kondisioner

Untuk samponya teksturnya kental berwarna bening, saat diusapkan ke rambut yang basah memang tidak langsung berbusa. Ada sensasi kesat pada rambut. Hal itu pertanda bagus, artinya sampo bebas SLS/SLES bahan pembusa sampo. Yang meski bisa dengan cepat angkat minyak tetapi juga punya efek membuat kering.

Sementara tekstur kondisioner lebih kental dan berwarna putih. Saat dioleskan rambut langsung terasa lembab dan lebih lembut.

Formula dari sampo dan kondisioner Mama's Choice ini memang tanpa khawatir. Karena kandungannya tanpa SLS, Paraben, Pewarna, Alkohol, dan tanpa Silikon serta bahan berbahaya lainnya.

3. Aroma Sampo & Kondisioner

Aroma sampo dan kondisioner ini enak banget dan lumayan bertahan di rambut. Awal-awal tercium aroma fruity yang segar, diakhiri dengan aroma lembut yang tahan lama.

4. Daya Bersih & Melembabkan

Meski tidak memakai SLS, namun samponya relatif memiliki busa yang lumayan banyak di kelasnya lhoo. Saya butuh dua kali pump untuk mengeramasi seluruh bagian rambut agar bersih maksimal.

Bagian kulit kepala dan di dekat akar rambut juga langsung terasa bersih bebas minyak setelah keramas. Kondisionernya sangat rekomen untuk digunakan setelah keramas untuk membuat rambut lebih lembut.

5. Berhasil Jadi Solusi Rambut Rontok?

Selama pemakaian seminggu ini, dengan tiga kali keramas saya melihat sehabis menyisir, helai-helai rambut yang nyangkut lumayan berkurang sih. Dan oaa dicoba disisir pake tangan, kalau biasanya banyak banget yang nyangkut, ini paling 3 sampai 5 helai saja.

Komposisinya yabg natural, berbasis buah-buahan seperti adanya ekstrak alami kiwi dan kemiri memang kaya akan nutrisi untuk rambut.

Bahan-bahan tersebut dapat merangsang pertumbuhan rambut yang lebih sehat dengan mengaktifkan sel induk pada folikel rambut.

Mau Bikin Busui Lainnya Ikut Happy, ah....


Nah, buat Buibu yang mau mencoba rangkaian produk Mama's Choice, bisa banget lhoo beli di Shopee, dan akan ada potongan 25K setiap pembelian 150K dengan memasukkan kode voucher MAMANIA saat check out. Yuk lengkapi kebutuhan perawatan tubuh dengan Mama's Choice biar worry-nya berkurang.



20 comments:

  1. Permasalahan rambut rontok itu kadang bikin bete, Mba. Bikin gak nyaman. Ini samponya bagus ya, Mba. Jadi pengin coba.

    ReplyDelete
  2. Komposisinya natural, jadi lebih aman dan sehat yaa
    Ada beberapa temenku yg lagi meng-ASI-hi
    kayaknya perlu aku rekomen untuk pake produk ini.

    ReplyDelete
  3. Karena saya ngerasa rontok banget, akhirnya saya potong rambut cepak aja biar ga berasa rontoknya..Ternyata ada solusinya dengan hair care dari Mama Choice ya...Mau coba ah

    ReplyDelete
  4. Jadi ingat dulu habis melahirkan dan menyusui, rambu saya rontok seperti bulu ayam dipanasi. Sudah stress pasca melahirkan ditambah menyaksikan mahkota berguguran. Perasaan kayak di awang-awang gitu, gak berpijak di bumi. Untung ada bayi yang menghibur..

    Waktu itu belum ada Mama's Choice jadinya ya terima keadaan aja :)

    ReplyDelete
  5. Nah iya benar, untuk yang rambutnya rontok saat menyusui memang sebaiknya memakai shampo dan conditioner yangtepat bagi busui, yang aman.

    ReplyDelete
  6. Kenapa ya ibu menyusui selalu identik dengan kerontokan dan sekarang tuh enak banget sudah ada perawatan untuk rambut rontok dari Mama's Choice yang pasti sudah aman. Dulu jaman aku baru lahiran dan menyusi perawatan untuk ibu menyusui tidak sebanyak sekarang.

    ReplyDelete
  7. Waah ternyata lagi ada diskon di Shopee. Mayan banget nih buat ibu-ibu penyuka diskon. Hihihi.

    Katanya emang kalau abis lahiran rambut rontok ya pada beberapa orang. Alhamdulilah aku nggak. Emang kondiisi beda-beda ya. Untung sekarang ada produk dari Mama's Choice yang bisa mengurangi rambut rontok ya

    ReplyDelete
  8. Sekarang saya lagi mengalami nih yang namanya rambut rontok. Dan beneran gak nyaman. Paling berasa tuh kalau pas tidur dan keramas. Rontokannya di mana mana..huhuhu

    ReplyDelete
  9. Rambut rontok memang jadi masalah klasik bagi busui..Kalau ada Mama's Choice yang berkomposisi alami begini jadi hepi pasti. Proses menyususi enggak terganggu rambut kembali sehat lagi

    ReplyDelete
  10. kalo shampoo diaplikasikan ke rambut jadi agak kesat artinya bebas SLS/SLES ya.. jadi aman dan nyaman deh buat bumil dan busui

    ReplyDelete
  11. Aku dulu sering banget ngikat rambutnya lumayan kencang, jadi sering rontok mbk. Suka banget sama sampo dan kondisioner nya, wangi

    ReplyDelete
  12. Aku juga sedang pakai shampo ini nih sekarang, emang beneran bikin rontok rambutku jd berkurang. Happy deh :)
    Tapi ya sayangnya aku kenal mamas choice setelah aku udah punya 2 anak :)))

    ReplyDelete
  13. Ternyata mengikat terlalu keras bisa bikin rambut rontok ya... Saya juga pakai mama's choice hair treatment ini, enak...

    ReplyDelete
  14. Mba, your review ia good . I like read your story. Btw i love this product too. This packing is good. I hope this product usefull

    ReplyDelete
  15. aku juga pake ini enak dan lembut ke rambut. dan waaaaangi wangi banget pokoknya. dah lama ga pake kondisener jadi enakan pakai ini

    ReplyDelete
  16. Mama's choice udah adarpoduk rambut juga ya, terakhir tau cuma pasta gigi dan mouthwash. Senang nih jadi bumil dan busui sekarang ada pilihan produk aman yang bikin tenang :)

    ReplyDelete
  17. Pengen cobain nih buat ngatasi rambut rontokku.. meskipun sedang tidak menyusui hehe.. Kemasannya suka bangett

    ReplyDelete
  18. waaa jadi pengen nyoba shampoo dan conditionernya walau bukan bumil dan busui edisi lagi rontok nih rambutnya

    ReplyDelete
  19. Aman banget yaa itu kandungannya. Kayaknya ga harus hamil dan menyusui nih bisa pakai shampoonya. *mupeng. ^_^

    ReplyDelete
  20. Alhamdulillah banget ya Mba Nia ada produk yang banget memperhatikan kita sebagai ibu jadi makin dimanjakan. Asikk ada kode voucher pasti pada seneng nih

    ReplyDelete

Powered by Blogger.