Parenting a la Keluarga Youtuber

Parenting a la Keluarga Youtuber


Siapa yang suka nyimak channel YouTube dengan tema family? Saya dan anak-anak termasuk yang suka banget sama beberapa channel YouTube keluarga di bawah ini. Dari channel mereka ini, ada beberapa pelajaran parenting yang menarik untuk disimak. Siapa aja sih, keluarga Youtuber favorit kami ini? Yang pasti sih, bukan keluarga artis, hehehe. Karena nggak tahu kenapa, kami termasuk yang jarang bahkan nggak pernah nonton channel keluarga artis, macam keluarganya Rafi-Gigi. Mungkin udah jenuh sama settingan kali ya. 
Nonton YouTube tema family itu, serunya bikin saya terinspirasi dengan gaya parenting para ibu-ibu dengan anak-anak Gen Z dan Alpha. Daripada jenuh sama teori parenting juga, kan. 

Di urutan pertama ada Kimbab Family. 



Kalau Kimbab Family ini pasti banyak juga yang suka nonton channel-nya kan ya. Kami nemu channel ini malah baru-baru aja, sekitar akhir tahun 2020 kemarin. Kemana aja coba, hihihi. 

Awal nemu karena lagi belajar hal-hal tentang Korea karena kerjaannya Pak Suami. 

Episode pertama yang kami tonton adalah episode ketika Kimbab Family memulai rooftop garden-nya. 

Kimbab Family ini kan tinggal di apartemen dan di lantai atas, tapi kerennya mereka tetep punya kebun kecil yang produktif. Pernah panen daun bawang banyak banget, terus dibikin Pajeon, gorengan a la Korea. 

Ada cerita lucu di Episode 5 yang Sesi Berkebun, kalau nggak salah, mereka sempet diinterkom sama tetangga di lantai bawah, karena di jendela si tetangga ini, ada nongol tanaman labu. 

Dari penjelasan Appa Jay dan Mama Gina, kayanya si tanaman labu ini menjalar gitu sampai ke apartemen tetangga di bawah. 

Banyak hal menarik tentang parenting yang bisa diambil dari keluarga Kimbab Family ini, selain tentunya jadi ikutan jalan-jalan keliling Korea dan belajar bahasanya juga. Paling suka kalau mereka lagi masak-masak di dapur bikin masakan Sunda, atau Korea. 

Terakhir nonton yang mereka bikin Corn Dog a la Drakor Start up. 

Apa aja sih, hal menarik dari Keluarga Kimbab Family ini? 


Pertama soal proses. Kalau yang juga nyimak channel ini, terus jadi kepo gimana sih, awalnya terbentuk channel KF, pasti tahu alasan kenapa mereka bikin channel YouTube. 

Awalnya, mereka bikin video pendek untuk konsumsi keluarganya Appa Jay di Korea. 

Iya, pas awal-awal mereka masih tinggal di Bandung kan, otomatis nggak bisa barengan sama Halmeoni (할머니) dan Harabeoji (하라버지) nya. 

Terus gantian ketika pindah ke Korea, keluarga Teh Gina di Bandung jadi nggak bisa ketemu langsung sama Suji, Yunji, dan Jio. 

Supaya bisa merasakan keseharian keluarga mereka, yang awalnya bikin video hanya dikirim ke WA aja, akhirnya dibuatlah channel YouTube. 

Saat menyaksikan awal-awal mereka bikin video keliatan banget mereka beneran berprosesnya, dari Teh Gina yang awalnya masih malu-malu dan kayak ragu on cam, sampai kayak sekarang, terlihat luwes di depan kamera, alamiah dan ngalir aja gitu sebagai figur ibu yang jago masak, ceria, dan pinter ngademin anak-anak juga. 

Terus mereka ini juga bisa tampil apa-adanya, kayak pas episode bangun sahur pas puasa di Korea. 

Keliatan mata Appa Jay sama Mama Gina masih sembab karena baru bangun tidur banget udah on cam masak-masak. 

Meski natural, mereka juga bisa tampil kompak dengan outfit yang matching. Uhh, ini pasti Mama Gina deh, fashion stylist-nya. 

Kalau yang ngerasa keluarga ini perfect, dan jadi insecure sama keluarga sendiri, think again

Ada beberapa episode yang justru membuat saya merasa manusiawi banget kok, misalnya pas mereka beberes kamar anak, diliatin langsung kondisi kamar anak-anak mereka yang emang super kayak kapal pecah dan bikin stress, hihihi. 

Parenting a la Kimbab Family



Dari situ, langsung sadar, namanya anak-anak ya, pasti berantakin rumah dan kamar juga. Sama kayak anak-anak kita juga, kan. Yunyi malau santuy bilang kalau serangga hidup di kamarnya. Gemess ih, cubit deh pipinya. 

Nggak usah insecure ya, Buibu. 

Lagipula, yang disajikan di channel YouTube kan, cuma sepersekian menit aja dari keseluruhan hidup keluarga mereka. 

Anak-anak mereka juga pernah kok, nggak mau masuk frame, kadang nangis atau nggak mood pas laper, dan lain-lain. 

Meski begitu, yang paling oke dari Kimbab Family ini adalah komunikasi keluarganya yang kompak. Baik antara Mama Gina ke Appa Jay, maupun ke anak-anak. 

Pas nonton episode yang mereka lagi berwisata ke Pulau Geoje terus tasnya Appa Jay ketinggalan di depan parkiran dan mereka kudu balik lagi ke sana buat ambil, adalah salah satu episode yang cukup bisa gambarin gimana keluarga ini saat menghadapi konflik. Keren fighting together-nya.

Salah satu kunci parenting Kimbab Family kalau liat dari kesehariannya ada beberapa poin nih : 


1. Sebisa mungkin melibatkan anak-anak dalam aktivitas sehari-hari kedua orangtuanya, dari mulai masak, belanja, bersih-bersih rumah, dll yang memang mungkin dilakukan bersama anak-anak. 

2. Meminta pendapat anak ketika akan melakukan sesuatu, juga memberi kesempatan pada anak-anak untuk memgungkapkan perasaannya. 

Terlihat di beberapa episode, saat Mama Gina atau Appa Jay, bertanya pada anak-anak tentang apa yang dirasakan dari kegiatan yang mereka lakukan. 

3. Mengajarkan kemandirian sejak dini. Ini nih, yang salut kalau liat anak-anak di Korea atau Jepang. Udah benerlah Mama Gina bawa anak-anak ke Korea, karena dengan ngapa-apain sendiri, anak-anak jadi belajar mandiri. 



Di urutan kedua, kami suka banget sama channel YouTube Family, Andini Overfield. 



Channel ini lebih duluan ditonton sebelum Kimbab Family. 

Nyeritain tentang keluarga Teh Andini yang asli Sukabumi yang kemudian tinggal di Inggris sejak Teh Andini hijrah, kerja, dan ketemu jodoh di sana. 

Awal-awal nonton karena suka sama Maxi, Andrei, dan Timmy, anak-anaknya Teh Andini yang lucu-lucu banget. 

Kayaknya awal-awal nonton ini pas bulan Ramadan tahun 2019, deh. 

Waktu itu, kita lagi puasa di Malaysia selama 10 harian dan  sempat buka puasa di KBRI-nya. 

Nah, di sana kita ketemu temen yang kami ceritain kalau kami sering bawa anak-anak pas ada kerjaan biar sekalian mereka ikut belajar kultur negara-negara yang kami kunjungi. 


Nah, si temen itu nanya, kami bikin vlog atau channel YouTube ngga? 

Terus nyaranin kalau sering jalan-jalan sama anak-anak, kenapa nggak bikin vlog keluarga aja. Terus temen kami itu rekomendasiin vlog-nya Teh Andini. 

Vlog pertama yang kita tonton adalah vlog lebaran mereka di Inggris. 

Gara-gara nonton itu, kita sempat mikir gimana ya, rasanya lebaran di negaranya orang, dan pengin extend sampe lebaran di Malaysia-nya. 

Dasar emak labil hihihi. Untungnya udah ditanyain mulu sama keluarga, kapan kita balik. 

Serunya blog Andini Overfield ini, kita jadi belajar seluk-beluk pernikahan mixed

Terus baru ngeh, kalau Mas Dan itu ternyata suami kedua Teh Andini. Mantan suami Teh Andini, ayah Maxi dan Andrei, itu orang Hungaria yang tinggal di Inggris. 

Mereka berpisah karena suatu hal, nonton ajalah ya. Tapi Teh Andini sama mantan suaminya itu tetep akur, dan mantan suaminya juga suka hadir juga di vlog Andini Overfield. 

Setting vlognya termasuk yang natural dan daily life banget. 

Dinamika gimana Teh Andini ngurus tiga bocah laki-laki di Inggris dari bangun tidur sampe tidur lagi. Dan in between itu, selalu aja ada kisah menarik yang kayaknya remah-remah aja, tapi jadi bisa belajar gimana sih, seorang ibu mengurus rumah dan anak-anak ketika nggak tinggal di Indonesia. 

Ternyata ya, banyak samanya juga kok, sama emak-emak di sini. 

Selain daily life barengan anak-anak, cerita tentang gimana Teh Andini spent time sama temen-temen Indonesia yang juga tinggal di Inggris seru banget buat disimak. 

Sampai hapal typically rumah-rumah keluarga di Inggris gara-gara sering diajak ikut ngebotram di rumah teman-temannya Teh Andini. 

Selain natural, cerita parenting yang bisa jadi inspirasi itu, gimana Teh Andini ngatur waktu dan energi buat melakukan banyak kegiatan di rumah maupun luar rumah. 

Mungkin karena dasarnya Teh Andini ini juga Life Coach kali yaa, jadinya cak-cek gitu ngurus rumah, anak-anak, suami, dan kerjaan dia sendiri. 

Emak superlah pokoknya. Ngga tau gimana, kalau pas saya lagi lesu, nonton vlog Teh Andini jadi semangat, dengerin logat English-Sundanese-nya, gimana semangat ngejalanin hari-hari dengan apa adanya. 




Mas Dan, suaminya, juga suka ikut nongol di vlog, masaklah, beberes rumahlah. Ternyata punya pasangan yang mau bantuin urusan rumah tuh, juga jadi kunci balance life dan well being di rumah. 

Yang juga so sweet, gimana Mas Dan tetap memperlakukan Maxi Dan Andrei seperti anak kandungnya sendiri. 

Dan emang bener sih, kunci membesarkan anak laki-laki yang menginjak remaja adalah juga dengan memperlakukan mereka seperti sahabat, tetapi sebagai ortu juga harus own your respect

Itu tadi dua keluarga Youtuber yang menurut kami punya gaya parenting yang asyik.

Sebenernya ada satu lagi, saya juga suka nonton Andin, Indonesian Mommy, vlog Mama Indonesia yang tinggal di Amerika dengan tiga anak, plus jadi wanita karir juga di Amrik. Seru juga, tapi nontonnya jarang-jarang sih. Nonton gegara pas nyari vlog Andini Overfield nemu Indonesian Mommy. 

Dari semua vlog keluarga di atas, kesamaannya sama keluarga kami adalah punya tiga anak, hihihi. Suka bikin masakan Sunda. Terutama kalau liat Teh Andini masak, langsung nongol selera makannya. 

Liat vlog family punya tiga anak, kalau dulu may suka mikir bakal ribet kalau punya banyak anak, sekarang rasanya anak pergi sekolah sebiji aja sepi. Dan 

Ya udah, gitu aja dulu. Share juga dong vlog keluarga favorit yang sering kalian tonton apa? 

NB : Grafis Canvanya sekarang yang bikin Kak Ezra. Karena ini masuk kurikulum home education di rumah. Tunggu bahasan tentang ini ya. 

2 comments:

  1. Aq baru nonton yg keluarga Kimbab aja. Syok pas video yg 2 anak udah berangkat sekolah, trs Teh Gina beberes rumah sampai kemringet. Langsung sadar begitulah realita tinggal di LN yang sebagian besar penduduknya ga pakai ART, wkkkka. Apalagi jauh dr keluarga besar, eh tapi ada mertua ding ya. Cuma beda kota atau beda daerah gitu ya sama orang tuanya Appa Jay. Kalau 2 channel lainnya blm pernah ntn. Ada 1 lagi lupa keluarga siapa y yg tinggal di HongKong hampir 20th an sejak sebelum nikah, sampai akhirnya mau pindah ke Canada ke negara asal suaminya. Aku suka suaminya terlihat lembut gitu, namanya Paul. Dan kayak nurun ke anak cowoknya. Mereka 3 anak juga, 2 cewek, 1 cowok

    ReplyDelete
  2. Sudah kuduga pasti ada Kimbab Family. Adem banget emang kalau melihat keluarga yang satu ini, kadang berasa pengen punya anak banyak.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.