Resep Saus Ayam Goreng Yang Disukai Anak-Anak

Resep Saus Ayam Goreng Yang Disukai Anak-Anak

Siapa yang di rumah udah mulai bosen dengan resep ayam goreng yang gitu-gitu aja, misalnya ayam ungkep bumbu kuning, ayam goreng laos, atau ayam bacem? Kalau iya, samaan nih. Di rumah kami, anak-anak nggak tahu kenapa kayak udah mulai bosen dengan olahan ayam bercita rasa Indonesia. Mungkin karena udah keseringan kali ya. Nah, buat variasi nih, saya mencoba beberapa resep ayam goreng beserta sausnya, yang ternyata jadi favoritnya anak-anak, nih. Apa aja? 


Resep Saus Ayam Goreng Yang Disukai Anak-Anak 


Sebenarnya ini adalah modifikasi resep dari ayam goreng dengan bumbu ala Korea dengan cita rasa manis dan pedas. Yang beda adalah saya nggak menggunakan gochujang atau pasta cabe sebagai sausnya. 

Resep ini lumayan bikin anak-anak lahap makannya, apalagi kalau saya lagi pengin anak-anak makan banyak sayuran, ayam yang dimasak ala Yangnyeom Chikin ini pas banget dipadukan dengan sayuran yang dikukus. 

Berikut ini adalah bahan-bahan dan cara membuatnya : 

Resep Yangnyeom Tongdak


Ayam dibalur dengan teknik kering dan basah. Pertama ayam yang sudah dikupas kulitnya, ditaburi campuran tiga tepung tadi. Kemudian dicelupkan ke adonan basah, baru kembali dicelupkan ke adonan kering. Goreng di minyak panas. 

Resep Saus Ayam Goreng ala Yangnyeom Tongdak

Untuk sausnya, panaskan minyak goreng kemudian tumis bawang bombay hingga harum. Nah, ada trik sendiri bagaimana agar sausnya bisa terkaramelisasi dengan baik. Jadi setelah menumis bawang bombay, saya masukkan gula pasir terlebih dahulu. Tunggu sampai gula pasirnya mencair dan terkaramelisasi, baru masukkan air secukupnya. Setelah itu baru masukkan saus tomat, saus sambal, dan madu. Aduk hingga rata, bumbu, kemudian masukkan ayam yang sudah digoreng tadi. 

Biasanya Yangnyeom Tongdak memakai taburan wijen putih, tetapi karena anak-anak kurang suka, saya skip menggunakannya. 

Nah, ayam goreng ala Yangnyeom Tongdak pun siap disajikan. Gampang banget kan Buibu. 

Untuk resep ayam goreng yang sama, saya juga bisa memodifikasi sausnya. Selain ayam dengan saus bercita rasa manis-pedas, anak-anak juga suka ayam goreng dengan balutan saus keju yang kental. 

Untuk itu, saya mencoba membuat sendiri saus keju yang disukai anak-anak. Ayam dengan saus keju ini juga sangat cocok sebagai dressing untuk salad ataupun untuk cocolan kentang goreng atau tempura. 

Resep saus keju untuk ayam goreng tepung. 

Untuk saus kejunya, siapkan bahan-bahan di bawah ini : 

Resep saus keju untuk ayam goreng


Untuk cara membuatnya : 

Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum, kecilkan apinya. Masukkan 200 ml air putih, kocokan telur, dan parutan keju, masak hingga semua meleleh, kemudian bumbui gula dan garam sesuai selera, setelah itu masukkan mustard, aduk rata. Sebelum mendidik masukkan  larutan maizena yang sudah dicairkan dengan air biasa, tunggu hingga mengental. 

No comments

Powered by Blogger.