Asus TUF Gaming F15 (FX507) Laptop Gaming Family Friendly

Asus TUF Gaming F15 (FX507) Laptop Gaming Family Friendly

Berakhir sudah pencarian atas laptop yang bisa dipakai seluruh anggota keluarga dengan kebutuhan penggunaan yang berbeda-beda. Selama ini, saya selalu bertanya-tanya, ada nggak ya, satu laptop yang bisa dipakai semua anggota keluarga alias family friendly

Jadi, kami sekeluarga seneng banget menghabiskan waktu kerja bareng di rumah. Termasuk anak-anak saat mengerjakan peer juga biasanya kami ngumpul di satu ruangan. Karena itu kemudian terpikir untuk punya satu tools alias laptop yang bisa kami pakai bersama-sama.

Laptop yang bisa mengakomodir kebutuhan Pak Suami untuk banyak mendesain karena punya kerjaan sampingan mendesain rumah dan lanskap, si anak lanang yang suka main games dan buka macem-macem tab untuk ngedit video, sampai saya sendiri yang menggunakan laptop untuk membuat konten dari mulai konten tulisan hingga video, sampai digunakan untuk sarana hiburan. 

Kini kami bisa barengan menggunakan satu laptop yang performanya memang nggak main-main. 

Kalau teman-teman lagi mencari laptop gaming yang bisa digunakan bersama-sama di rumah, dengan kata lain mencari laptop gaming yang paling worth it dengan performa, fitur, serta penawaran harga terbaik di kelasnya.

Kenalin nih, ASUS TUF Gaming F15. Laptop ini ditenagai oleh prosesor Intel Generasi ke- 13 dengan varian hingga Core i9-13900H dan dipadukan kartu grafis hingga NVIDIA GeForce RTX 4060.

ASUS sendiri merupakan brand yang memiliki jajaran laptop gaming TUF Gaming yang sangat dikenal sebagai Most Advanced Entry Level Gaming Laptop.

Dengan spek yang disebutkan di atas, bisa dijamin performa tenaganya makin kencang dan kartu grafisnha juga semakin cepat. 

Kenapa worth it? Karena laptop TUF Gaming F15 ini dibanderol dengan harga mulai Rp22.999.000. Dan kalau kita pakai itungan a la girl math, coba kita bagi angka tersebut dengan jumlah anggota keluarga yang memakai plus perkiraan lamanya sebuah laptop bisa digunakan. 

Sebagai perbandingan, saya sendiri mempunyai laptop ASUS yang sudah digunakan selama 8 tahun. Bisa dibilang, dengan harga segitu laptop ini worth a lifetime

Nah, itu dari segi harga, lalu bagaimana dengan keunggulannya? 

Mari kita bahas ya, teman-teman.

Nilai Plus Asus TUF Gaming F15 (FX507) 

1. Punya Prosesor dan Chip Grafis Terbaru. 

Buat yang menggunakan laptop untuk desain, baik desain grafis maupun video pasti memerhatikan sekali spek ini. Apalagi jika selain aktivitas mendesain, juga menggunakan laptop untuk bermain games. 

Prosesor atau CPU sendiri adalah salah satu komponen yang tidak boleh dianggap enteng saat memilih laptop gaming. 

CPU generasi terbaru seperti 12th Gen Intel Core H-Series merupakan pilihan terbaik karena dapat mengahdirkan performa terbaik. Ya, kebayang dong gimana kebiasaan kerjanya, bosan atau kehabisan ide saat sedang mendesain lanjut main games. 

CPU generasi terbaru tersebut juga sudah dibekali dengan berbagai fitur terkini yang sangat menunjang berbagai aktivitas selain bermain game, seperti Intel QuickSync yang dapat mengakselerasi proses encoding video, hingga Intel Thread Director yang dapat mengatur kerja CPU secara cerdas sehingga menjadi lebih efisien.

Nah, di era kecerdasan artifisial seperti sekarang banyak juga pekerjaan yang melibatkan aplikasi AI, laptop ini juga sangat mendukung aktivitas kerja dengan bantuan AI. 

Selain membahas sisi CPU, chip grafis atau GPU juga sangat penting karena akan menentukan performa gaming secara keseluruhan. 

TUF Gaming F15 (FX507) sendiri memiliki GPU NVIDIA GeForce RTX 30 Series, tepatnya hingga NVIDIA GeForce RTX 3070. Dengan TGP (total graphic power) yang lebih ditingkatkan dibandingkan dengan generasi sebelumnya serta dukungan sistem pendingin yang lebih baik, TUF Gaming F15 (FX507) bakal menciptaka pengalaman gaming luar biasa yang tidak bisa dibandingkan dengan kompetitornya.

Apalagi ASUS TUF Gaming F15 (FX507) juga telah dibekali dengan memori DDR5 berkecepatan 4800MHz yang menawarkan kecepatan lebih kencang dibandingkan dengan kompetitornya yang masih menggunakan memori DDR4 3200MHz. Nah, bakalan anti nge-lag sih, meski kita membuka banyak tab. 

2. Punya Sistem Pendingin Terbaik di Kelasnya. 

Karena bakal dipakai bersama-sama dengan semua anggota keluarga untuk berbagai aktivitas, TUF Gaming F15 (FX507) juga dilengkapi dengan sistem pendingin yang terbaik di kelasnya, yaitu sistem pendingin khusus yang dilengkapi lima heatpipe tembaga yang tidak hanya mendinginkan CPU dan GPU, tetapi juga komponen penting lainnya seperti Voltage Regulator Module (VRM).

Sistem pendingin TUF Gaming F15 (FX507) tersebut ditenagai oleh dua kipas bertenaga 12v serta memiliki empat jalur pembuangan udara panas sehingga proses pendinginan dapat bekerja optimal. 

Dengan adanya fitur-fitur tersebut memungkinkan kipas untuk berhenti berputar saat suhu CPU dan GPU berada di bawah 50⁰C, ini membuktikan sistem pendingin TUF Gaming F15 (FX507) sangat mumpuni untuk mendinginkan CPU dan GPU yang sedang bekerja, tanpa harus mengandalkan kipasnya untuk berputar. 

3. Desain Gahar Bersertifikasi Standar Militer AS. 

Siapa yang juga ngikutin serial drakor Moving di Disney Plus pasti tahu tokoh Guryongpo. Nah, bisa dibilang kegaharan laptop ini bisa menyamai kekuatan super Guryongpo. 

TUF Gaming menjadi satu-satunya laptop gaming entry-level yang mengantongi sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar militer AS (MIL STD-810H). Jadi, TUF Gaming F15 (FX507) secara keseluruhan didesain sangat tangguh dan memiliki durabilitas yang lebih baik dibandingkan kompetitornya. 

Ini dibuktikan melalui pengujian yang membuat TUF Gaming F15 (FX507) berhasil lolos pada berbagai uji ketahanan ekstrem mulai dari drop test, humidity test, shake test, hingga uji operasional di suhu ekstrem. Ya kan, gahar dan tangguh banget macam Guryongpo. 

4. Sudah dilengkapi dengan sistem operasi Windows 11 Home

dan juga Pre-installed dengan Office Home and Student 2021. Jadi habis beli laptop langsung bisa produktif nih, karena nggak harus mikir instal Windows lagi. 

Laptop TUG Gaming F15 hadir dengan ukuran layar 15,6″ berpanel IPS yang mempunyai resolusi Full HD serta mendukung refresh rate 144Hz, 100% sRGB warna gamut, dan NVIDIA G-Sync.

Laptop ini memiliki dua varian warna, yang bisa menjadi pilihan, ada Mecha Gray dan Jaeger Gray. 

Desain TUF Gaming F15 2023 sendiri menawarkan chasis yang 4,5 persen lebih kecil dari generasi sebelumnya.

Nah untuk baterai, kapasitasnha 90Whr yang dilengkapi fitur pengisian cepat melalui USB Type C. Juga sudah didukung dengan port koneksi antar perangkat yang lengkap, mulai dari audio combo jack, Kensington Lock, dua USB 3.2 Gen1 Type-A,

Sementar itu untuk audio-nya, laptop TUF Gaming F15 menyediakan Dolby Atmos dan memiliki fitur Two-Way AI Noise Cancelation yang mampu meredam suara bising di sekitar pengguna. Jadi, kalau kita sedang melakukan panggilan video dengan aplikasi Zoom, Microsoft Teams, Google Meet, dan lainnya, nggak bakalan bising. 

Jadi, buat teman-teman yang sedang cari laptop yang family friendly, alias bisa digunakan untuk seluruh anggota keluarga, bukan hanya untuk main game, tapi juga editing video dan berbagai multimedia, hal yang harus dipertimbangkan tentunya harga. 

Buat kaum mendang-mending, laptop ini memiliki harga yang lebih murah dibandingkan laptop di kelasnya, karena Laptop Asus TUF Gaming F15 (FX507) ada di segmen pasar pada level gaming kelas mid-end, tapi TUF Gaming F15 (FX507) ini justru punya performa high-end

Verdict-nya : ini jenis laptop yang bakal membuat seluruh anggota keluarga merasa puas menggunakannya, bisa mengakomodir berbagai aktivitas multimedia, tahan banting, dan punya performa yang gahar. Kalau bajet yang teman-teman siapkan sesuai, pertimbangkan untuk menjajal Asus TUF Gaming F15 (FX507) ini. 



No comments

Powered by Blogger.