Rooms Inc : Rekomendasi Hotel di Semarang Untuk Business Traveler

Rooms Inc : Rekomendasi Hotel di Semarang Untuk Business Traveler

Berbeda dengan wisatawan pada umumnya, para pelancong bisnis atau business traveler memiliki preferensi hotel yang berbeda. Rooms Inc menjadi hotel yang direkomendasikan bagi business traveler yang sedang berkunjung ke Kota Semarang

Kota Semarang kini tidak lagi dijuluki sebagai kota transit seperti lima tahun yang lalu. Geliat Semarang sebagai kota perindustrian, perdagangan, jasa, dan wisata kini makin terasa. 

Berbagai acara skala nasional, bahkan konferensi internasional tidak ragu lagi memilih Kota Semarang sebagi tuan rumah.

Sebagai kota metropolitan terbesar kelima di Indonesia, magnet Kota Semarang bukan cuma wisatanya saja, daya tarik bisnis, sejarah, pendidikan, dan kuliner menjadi tujuan orang-orang berkunjung ke Semarang. 

Dengan kondisi geografis yang unik, berkunjung ke Semarang untuk perjalanan bisnis bisa sekaligus untuk piknik tipis-tipis karena tempat wisatanya berada di tengah kota. Sebut saja Lawang Sewu, Kota Lama, dan Sam Poo Kong.

Tidak jarang, sebuah konferensi atau event bisnis yang digelar di Semarang akan diikuti dengan aktivitas wisata seperti city tour. 

Aktivitas kulineran, membeli oleh-oleh, dan berbelanja saat di Semarang lokasinya cenderung berdekatan. Tidak salah jika ada yang bilang : "Di Semarang itu nggak ada yang jauh!"

Selain ditunjang dengan sarana dan prasarana yang lengkap, Semarang juga menjadi kota tujuan belanja bagi kota-kota kecil di sekitarnya karena memiliki mal yang lengkap. 

Berbagai mal dengan SES (Socio-Economic-Status) segmen menengah hingga atas tersebar di beberapa titik di kota ini.

Semarang juga memiliki beragam jenis hotel. Meskipun sebagian besar berkonsep city hotel, namun masing-masing memiliki corak khas yang dapat mengakomodir berbagai kebutuhan masyarakat.

Rooms Inc : Rekomendasi Hotel di Semarang Untuk Business Traveler


Salah satu rekomendasi hotel yang patut dicoba saat berada di Semarang adalah Hotel Rooms Inc. Hotel butik yang mengusung konsep lifestyle dengan desain industrial modern. Corak khas yang ditampilkan adalah gaya hidup smart dan vibrant. Tidak hanya sesuai bagi para wisatawan dan anak muda, tetapi juga para business traveler. Rooms Inc juga menjadi salah satu hotel Instagramable di Semarang.

Apa yang membuat hotel ini direkomendasikan bagi business traveler? 

Tentunya didasari oleh preferensi business traveler dalam memilih hotel itu sendiri. Apa saja?

1. Jarak.
Pertama, para business traveler memprioritaskan jarak atau kedekatan lokasi hotel dengan aktivitas yang akan dilakukan, misalnya pertemuan, bisnis, seminar, atau acara resmi perusahaan. 

Alasan ini berkaitan dengan produktivitas kerja dan aktivitas leisure agar hidup terasa lebih seimbang.

Soal jarak, Hotel Rooms Inc yang beralamat di Jl. Pemuda No. 150, Sekayu Kecamatan Semarang Tengah ini berada tepat di pusat kota, hanya sekitar 300 meteran dari landmark kota, yaitu Tugu Muda. 

Jalan Pemuda sendiri merupakan simpul bagi perkembangan Kota Semarang. Di ruas jalan ini kita dapat merasakan geliat kehidupan warganya. 

Jalan Pemuda juga merupakan pusat bagi kegiatan perkantoran, yang meliputi pusat pemerintahan Kota Semarang, perkantoran swasta dan bank.

Dipastikan jika menginap di Rooms Inc, tamu hotel tidak akan kesulitan soal transportasi menuju berbagai tempat di Kota Semarang. 

Di Jalan Pemuda, selain tersedia transportasi umum seperti BRT yang dapat menghubungkan ke berbagai pusat aktivitas, jasa transportasi online pun mudah untuk diakses.

2. Teknologi Terkini.
Seorang business traveler biasanya memilih hotel yang juga memperhatikan aspek teknologi yang dapat mempermudah aktivitas mereka.

Kebutuhan terkoneksi dengan teknologi terkini dijawab Rooms Inc dengan konsep gaya hidup bertemu dengan teknologi. 

Tamu hotel Rooms Inc dapat menggunakan smart room lock yang dapat diakses dari gadget pribadi saat akan masuk ke area tempat menginap dan juga kamar hotel. 

Guest Room di Hotel Rooms Inc
Area Guest Room yang bisa diakses dengan aplikasi di ponsel

Selain itu di area hotel dan kamar disediakan pula akses Wi-Fi dengan kecepatan hingga 150mbps.

3. Mengakomodir Produktivitas & Leisure. 
Suasana hotel yang mendukung produktivitas, namun juga sekaligus dapat membuat tamu beristirahat dengan nyaman adalah salah satu hal yang dicari para business traveler

Rooms Inc sendiri memiliki 162 kamar yang terbagi menjadi tiga kategori, yaitu kamar deluxe, superior, dan standard. 
  • Ada 9 kamar kategori standard dengan ukuran 17,5 m2
  • Untuk kamar superior dengan luas 18,5 m2 ada 97 kamar
  • Kamar deluxe dengan luas 34 m2 ada 56 kamar. 
Semua tipe kamar didesain agar dapat memaksimalkan fungsi pada setiap elemen yang ada di ruangan sehingga terasa 'compact' sehingga menimbulkan kesan hangat dan homy.

Yang unik di hotel ini, kita tidak akan menemukan lemari wardrobe yang bulky dan kadang memberi kesan 'bakekok' alias perasaan was-was 'ada apa nih, di dalam lemari itu' bagi tamu. Alih-alih dinding kamar dijadikan pegwall di mana tamu dapat mengantungkan baju atau barangnya. 

Adanya cermin pada bagian atas tempat tidur juga memberikan kesan ruang yang lebih luas, sementara pintu ke arah kamar mandi juga memakai pintu geser sehingga minim pemakaian ruang.

Dari ketiganya, kamar deluxe dengan view Lawang Sewu dan tambahan day bed menjadi kamar yang paling direkomendasikan bagi business traveler yang ingin menginap dalam jangka waktu yang lebih lama. 

Interior Kamar Deluxe Rooms Inc
Suasana kamar hotel di Rooms Inc didesain agar tamu yang ingin fokus pada produktvitasnya, tetap terfasilitasi dengan adanya meja dan colokan, namun suasana dibuat agar tetap dapat beristirahat dengan tenang seperti sedang berada di rumah. 

Kamar hotel Rooms Inc Semarang
Suasana kamar yang mendukung produktivitas sekaligus leisure

Amenities Hotel yang lengkap
Amenities yang lengkap

4. Mengutamakan Servis, Staf Ramah, dan Support.
Pelancong bisnis atau business traveler menyukai hotel yang memberikan servis memuaskan selama mereka menginap. 

Servis memuaskan ini dapat diterjemahkan dengan baik oleh Hotel Rooms Inc yang menyediakan layanan kamar hingga pukul 22.30. Sementara untuk front desk tetap beroperasi selama 24 jam. 

Area Lobby Hotel Rooms Inc
Sejak di area lift menuju lobby, tamu akan disambut oleh para staf hotel yang helpfull.  Kelebihan dari hotel butik berkonsep industrial modern ini adalah sapaan ramah dari para staf menghilangkan kesan kaku dan formal.

Selain layanan kamar, hotel ini juga mendukung tamu untuk tetap memiliki gaya hidup sehat dengan disediakannya ruangan gym untuk fitness. 

Gym di Hotel Rooms Inc Semarang

Hotel berkonsep lifestyle


Saat di hotel, tamu dapat menikmati sarapan atau santap malam di Meet n 'Eat Resto. Resto ini merupakan sebuah ruang komunal yang tidak hanya digunakan sebagai tempat makan, tetapi juga sebagai ruang kerja dan bersosialisasi layaknya ruang makan di rumah. 

Staf Hotel
Senyum ramah staf hotel yang mempersilakan untuk menikmati santapan
Meet n eat resto di Rooms Inc

Untuk pilihan menunya pun sangat beragam. Bulan Juli lalu resto ini menyajikan aneka hidangan Korea seperti pancake a la Korea, Bulgogi, Bimbim Bap, dan Tteokbokki. 

Sementara untuk menu tradisonal Indonesia menu-menunya pun tidak kalah menarik, ada Bebek Rempah Madura atau pun Sate Maranggi yang disajikan dengan nasi cikur atau kencur yang beraroma khas. 

Secara keseluruhan konsep interior di Hotel Rooms Inc menerapkan konsep "day & night" yang dituangkan dalam padu padan material yang digunakannya, misalnya material logam dan kayu yang mencerminkan kesibukan siang hari. 

Di area transisi seperti resepsionis dan ruang meeting banyak didominasi material logam. 

Sementara itu untuk elemen logam banyak di terapkan di area restoran dan ruang tamu yang mengusung zona waktu malam sehingga membawa kesan yang hangat dalam interiornya.

Sinar Mas Land mengandeng Artotel Group sejak Agustus 2019 untuk mengembangkan jenama Rooms Inc menjadi salah satu jaringan hotel yang tersebar di Indonesia. Artotel sendiri juga memiliki jaringan hotel berkonsep serupa, memadukan art dan urban lifestyle untuk hotelnya.

5. Somewhere to relax and unwind. 

Hal terakhir ini menjadi faktor yang tidak kalah pentingnya menjadi pertimbangan bagi business traveler untuk memilih hotel. 

Sebuah hotel yang secara lanskap maupun ruang menawarkan pengunjungnya untuk bisa merasa lebih relaks dan melepas kejenuhan. 

Lokasi hotel yang bertetangga dengan Lawang Sewu, sebuah bangunan heritage yang juga menjadi destinasi favorit di Semarang, membuat pemandangan dari jendela kamar maupun area semi outdoor hotel ini tak terlupakan. 

Hotel Instagramable dengan View Lawang Sewu

Pengunjung hotel bisa mengakses area semi outdoor dari arah lobby, di sana terdapat ruang komunal untuk duduk-duduk menikmati langit senja Semarang dengan siluet bangunan Lawang Sewu. 

Banyak area dengan ambience berbeda yang bisa dipilih tamu hotel agar tidak merasa tersekap di dalam satu ruangan saja. 

Ambience ruangan di hotel Rooms Inc

Hotel Rooms Inc memiliki berbagai pilihan ruangan bagi business traveler untuk beraktivitas di hotel antara lain : 
  • Digital Hub, ruangan khusus para karyawan untuk melakukan business meeting. Para business traveler yang mungkin membutuhkan keperluan seperti mencetak dokumen, bisa banget lho minta bantuan staf di sini. 
  • Playing Room, ruang publik ini berada di antara resto dan ruang tamu. Terdapat area bermain billiard di tengahnya, dan juga tempat duduk yang nyaman.
  • Cafe Terrace Lawang Sewu dan Smoking Area. Ini adalah ruangan semi outdoor dengan balkon yang menampilkan pemandangan city light dan bangunan heritage Lawang Sewu.
  • Praying Rooms Mushola yang bersih dan lapang dengan area wudhu di dalamnya. 
6. Terhubung dengan Pusat Perbelanjaan.
Saat menginap di Hotel Rooms Inc, tamu hotel juga tidak perlu merasa khawatir akan bosan karena bangunan hotelnya sendiri terhubung langsung dengan DP Mall Semarang yang pada bulan Mei 2023 lalu mulai melakukan perluasan. 

7. Value for money untuk segmen business traveler. 

Untuk harga hotel, Rooms Inc mematok harga mulai dari Rp.458.000,- untuk kamar superior twin yang dilengkapi dengan sarapan untuk dua orang. Sementara harga kamar deluxe queen sekitar 1,3 jutaan. 

8. Ruang MICE yang nyaman. 
Selain mengakomodir kebutuhan business traveler untuk beristirahat, Hotel Rooms Inc juga menyiapkan ruangan untuk kebutuhan MICE (Meeting, Incentive, Conferences and Exhibitions). 

Ruangan meeting memiliki nama yang unik, yang sejalan dengan konsep zona 'day & night' tadi, seperti Crescent Moon, Half moon, dan Full Moon

Ada beberapa ruang meeting yang disediakan Rooms Inc, antara lain : 
  • Crescent Moon, Half Moon dan Full Moon, tempat meeeting ini bisa digunakan untuk 70 orang. Ketiga ruangan ini bisa dijadikan satu ruang besar, alias Connecting Room, dengan kapasitas 210 orang.
  • New Moon. Ruang meeting berkapasitas 122 orang.
  • Super Moon. Ruang meeting berkapasitas 188 orang. 
  • Untuk kapasitas 300 orang, ruang New Moon dan Super Moon dapat digabungkan. 
Ruangan meeting didesain dengan banyak material logam senada dengan konsep yang sudah disebutkan di atas. Terlihat dari model lampu dan pilihan warna ruangan. 

Untuk harga ruang meetingnya sendiri dibagi menjadi beberapa paket, misalnya untuk coffee break only, lunch/dinner only, half day meeting, full day meeting, one day meeting hingga fullboard

Paket yang ditawarkan sudah termasuk sewa ruagan selama empat jam, sound system, LCD screen projector, meeting kits, permen dan mineral water. 

Itu tadi delapan alasan mengapa Rooms Inc sangat direkomendasikan bagi business traveler

Berikut ini adalah video yang bisa menjadi tambahan informasi mengenai Hotel Rooms Inc. 


Selain delapan nilai lebih tersebut, keberadaan DP Mall juga menambah nilai lebih hotel ini. 

DP Mall yang terkoneksi dengan Rooms Inc

Dibangun di atas lahan 3 hektare dengan konsep lifestyle mall yang didesain dengan konsep ruang terbuka hijau atau eco building pertama di Kota Semarang, DP Mall juga dijuluki mal terlengkap di Semarang. 

Perluasan yang dilakukan di DP Mall sendiri merupakan bagian dari strategi Sinar Mas Land untuk menghadirkan mal yang modern tetapi lebih sustainable

"Perluasan tersebut agar dapat memberikan kenyamanan sekaligus keamanan baik bagi pedagang maupun pengunjung." ungkap Fariyanto Nickholas Sonda atau yang akrab disapa Anton dalam acara Temu Media bulan Juli silam.

Ngomong-ngomong soal eco building, Sinar Mas Land menjadi salah satu pengembang properti di Indonesia yang telah menerapkan konsep pembangunan yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. 

Sinar Mas Land juga mendukung kebijakan pemerintah untuk mencapai target Net Zero Emission (NZE) pada tahun 2060.

Komitmen Sinar Mas Land dalam menerapkan konsep pembangunan berkelanjutan dalam setiap produk hunian dan kegiatan bisnisnya juga terlihat dari kerjasamanya dengan Chandra Asri dengan menggunakan aspal campuran sampah plastik sepanjang 3,8 km di kawasan BSD. 

Upaya tersebut bukti bahwa Sinar Mas Land komitmen pada pembangunan berkelanjutan dan memberdayakan masyarakat sekitar daerah sehingga bisa menerapkan model ekonomi sirkular. 

Hotel dengan konsep ramah lingkungan

Di kamar Hotel Rooms Inc sendiri, sudah tidak lagi disediakan botol air minum dalam kemasan, tetapi air minum dalam wadah yang bisa diisi ulang di dispenser. 

Konsep eco building sendiri mengacu pada empat pilar livable city, yaitu live, learn, work, and play. Meskipun di Semarang belum ada proyek livable city, namun DP Mall tetap akan dikembangkan dengan konsep tersebut.

Konsep Live mengacu pada sarana dan prasarana yang mendukung kebutuhan hidup masyarakat, seperti : hunian, pusat perbelanjaan, ruang publik, dan akses jalan serta keamanan. 

Sedangkan Learn mengacu pada sarana dan prasarana yang mendukung kebutuhan pendidikan masyarakat, seperti : sekolah formal, sekolah vokasional, sekolah dasar hingga atas, universitas nasional dan internasional. 

Kemudian konsep Work mengacu pada sarana dan prasarana yang mendukung kebutuhan profesional dan lapangan kerja, seperti : pusat perkantoran, green office, kota industri serta area kmersial. 

Sementara Play mengacu pada sarana dan prasarana yang mendukung kebutuhan emosional dan rekreasi masyarakat, seperti : pusat olahrga, taman rekreasi, exhibition halls, dan pusat kuliner. 

Nggak sabar rasanya melihat hasil perluasan DP Mall setelah selesai nanti. 

Pengalaman Mengikuti Workshop SEO bersama Sinar Mas Land di Hotel Rooms Inc, Semarang. 

Ini adalah kali kedua saya ikut serta dalam Blogger Gathering yang diadakan oleh Sinar Mas Land. 

SEO Workshop Bareng Sinar Mas Land

Meski masih mengangkat tema SEO untuk workshopnya, tapi rasanya ilmu SEO ini selalu terasa baru dan banyak hal yang seringkali luput dari perhatian. 

Workshop SEO

Di workshop kali ini, Mas Harris Maulana sebagai PR Channel Section Head, President Office Sinar Mas Land menghadirkan Mas Tommy A.S selaku Web Channel Coordinator Sinar Mas Land yang sudah sangat berpengalaman karena menjadi Web Specialist di Sinar Mas Land sejak tahun 2021, dan telah menekuni profesi programmer sejak tahun 2014.

Materi SEO kali ini terasa padat berisi, dan banyak hal-hal dasar yang kembali diangkat seperti penggunaan Google Search Console, Meta Description, dan banyak hal lainnya yang bisa jadi sudah pernah kita pelajari, tapi belum dipraktekkan. 

Dari Mas Tommy saya belajar tentang update Google Algoritma yang terbaru, Google Volatility, langkah-langkah indexing ke Google, technical SEO misalnya canonicalization dan masih banyak lagi. 

Selain materi 'ndaging' yang mudah dicerna, yang menyenangkan, peserta dapat bonus untuk diaudit performa blognya.

Setiap kali workshop selalu banyak keseruan baru, bukan hanya karena kumpul bersama teman-teman blogger, event bersama Sinar Mas Land juga selalu bertabur hadiah. Tahun ini ada Instagram Competiton untuk Reels dan Feed yang berhadiah voucher belanja.

Ambience meeting room di Hotel Rooms Inc yang hangat, suasananya yang homy dan cozy, terbukti menambah produktivitas kami untuk mencerna materi dan membuat video. 

Hidangan makan siang dari Resto Meet n' Eat yang menggugah selera, dan juga keramahan stafnya, membuat pengalaman blogger gathering bersama Rooms Inc, sekali lagi tidak terlupakan. 



No comments

Powered by Blogger.