Yang Dikangenin Selama Ramadan Di Malaysia



Kenangan terdekat tentang Ramadan yang paling berkesan buat kami sekeluarga adalah Ramadan tahun lalu. Di mana kami berkesempatan menghabiskan waktu selama kurang lebih 10 hari menjalani hari-hari Ramadan di Malaysia. Ini adalah cerita tentang beberapa hal yang kami kangenin selama menjalani Ramadan di sana.



Mengingat kembali. Sehari sebelum berangkat ke Kuala Lumpur, saya masih ada kerjaan di Jogja. Mengurus proses mencetak buku, dari film ke dalam bentuk cetakan kertas. Saya kudu mendampingi proses cetaknya agar hasil warnanya nggak meleset dari aslinya.

Demi merampungkan buku ini, yang sudah dikerjakan bareng sama tim Semarang.

Foto bareng tim Semarang 

Akhirnya buku Semarang Kuliner Guide ini pun bisa dicetak dan diterbitkan. 


Saat itu saya dalam kondisi hamil muda. Kadang masih suka mual dan susah makan. Karena itu saya memutuskan tetap puasa, karena mual jadi jauh berkurang, dan saya lebih punya selera makan.

Hari itu, saya bertolak ke Jogja selepas Subuh, kemudian dengan taksol lanjut ke daerah Bantul. Lokasi percetakannya memang agak di pelosok. Pas waktu Dzuhur dan mau shalat kudu jalan ke masjid dengan jarak yang lumayan.

Saya ingat hari itu, siangnya cukup terik saat saya berjalan ke masjid, dan habis solat sempat tertidur sambil duduk sementara ponsel jatuh tergeletak dan nyaris tertinggal sehabis dipakai untuk mendengarkan murotal. Saking capeknya. Capeek tapi nikmat. Makanya bekerja itu juga obatnya jiwa.

Lanjut lagi mengurus proses cetakan dan baru bertolak kembali ke Semarang selepas Magrib. Padahal besok paginya saya sudah harus di bandara untuk perjalanan ke Kuala Lumpur.

Kenapa saya menuliskan cerita sehari sebelumnya, untuk mengingatkan diri sendiri bahwa kadang-kadang tidak ada pilihan lain dalam hidup selain menjadi kuat atau bakoh.

Mengenang kalau kita pernah melewati satu hari yang rasanya berat itu bisa jadi penyemangat untuk diri sendiri.

Di masa yang akan datang kita belajar bahwa kadang-kadang sesuatu kayaknya mustahil untuk dikerjakan, nyatanya sebenarnya kita mampu menyelesaikannya.



Perjalanan untuk workcation saat hamil dan puasa kemarin, kayaknya pas di awal juga ada keraguan, apa sanggup ya, saya.  Nyatanya bisa menjalani hari itu dan menyelesaikan kerjaan yang ada dengan bonus piknik sama keluarga.

Saya sempat dimarahi oleh teman yang nanti jadi tim saat di Malaysia. "Bumiil, nanti kan pas kita di sana bakalan capeek lhoo tiap hari ada kerjaan lapangan. Kenapa ngga istirahat siih, malah masih di Jogja juga..."

"Nggak apa-apa, buat latihan pas di sana. Kalau di sini aja sanggup. Insya Allah di sana lebih bakoh lahh, aku..."

Saat itu saya memang sedang menyemangati diri sendiri. Takut nggak bisa menjalankan amanah. Untungnya, yang menyenangkan, saya diizinkan bawa keluarga seperti tahun sebelumnya.

Pak suami bersedia cuti karena dia memang punya jatah cuti yang wajib diambil tiap tahunnya. Kami pun mengatur rencana agar bisa sekalian mengajak anak-anak supaya bisa merasakan suasana ramadan di negara lain.

Kamis pagi, tanggal 9 Mei tahun lalu kami pun bertolak dari Semarang menuju KL. Kami tinggal dua hari di hotel sebelum saya transit ke dorm yang disediakan kampus. Dipilihlah hotel di area KL Sentral supaya memudahkan karena tiap hari saya kudu PP dengan KLIA Transit.



Dan petualangan berpuasa di Malaysia pun dimulai sejak makan sahur hari Kamis itu.


"Untuk sementara kita nggak bisa sahur pake buah nih, kudu mau sedapetnya apa ya, Bun," ujar Pak Suami yang malam itu coba memindai area mana yang resto atau warung makannya buka sampai malam.

Untuk sahur hari pertama, Pak Suami berhasil berburu nasi lemak dan martabak dari ABC Bistro di daerah Brickfield untuk makan sahur bertiga, sekaligus untuk makan pagi anak lanang yang kecil. Resto yang ada di lantai dasarnya Easy Hotel itu pun akhirnya jadi andalan buat kita cari makan.

Besoknya Pak Suami berencana untuk membawa anak-anak grocery shop selama saya kerja, sehingga bisa cari buah dan lauk-lauk kering untuk buka sampai sahur besoknya. Dapat info dari temen-temen yang udah lama di sana, kalau mau belanja murah itu di Jaya Grocer, Intermark Mall. Lumayan lah jadi bisa makan buah buat sahur habis belanja di sana.

Hari berikutnya bakal lebih tenang karena kita akan pindah ke dorm, dan sudah disediakan katering untuk sahur di sana. Tapi untuk buka puasanya, kami memilih untuk berbuka di luaran sambil ngabuburit menikmati suasana Ramadan di Malaysia.

Banyak hal ngangenin selama berpuasa di Malaysia, yang kemudian kami putar ulang untuk diceritakan di Ramadan kali ini. Apa aja kah itu :

1. Durasi puasa, jam buka puasa dan sahur di Malaysia. 

Habis ngabuburit, buka puasa, tarawih kemudian makan di depan air mancur menari yang ada di menara kembar. 


Di Malaysia, jam buka puasanya itu sekitar jam 19.30 an. Jadi jam enam itu masih terang, dan mungkin karena saat di Indonesia udah terbiasa buka puasa sekitar pukul 6 sore lebih, makanya nunggu jam buka puasa di sana jadi kayak kerasa lama. Lamanya puasa di Malaysia itu sekitar 13 jam berapa menit gitulah. Tapi karena faktor kebiasaan waktu berbuka, jadinya kayak lama.



Nah, yang sering kerasa jetlag itu pas sahur. Karena di sana waktu Subuhnya sekitar jam 5.40-an jadi kayak kesiangan bangun terus rasanya hahaha.

Pernah kita bangun sahur jam 3-an, terus jadi keburu udah laper lagi. Akhirnya kita set alarm makan sahur ngga terlalu jauh dari waktu subuh. Selama di sana nggak ngerti dan nggak tahu imsaknya kapan. Pokoknya patokan kita ya, waktu Subuhan aja.

Kalau pas di dorm biasanya sahur ramean sama temen yang lain, kalau di hotel biasanya bisa minta bangunin sama pihak hotel.

Hotel tempat kita nginep, Travelodge dan Dorsett termasuk yang cukup nyenengin karena mereka menyiapkan makan sahur buat pengunjung hotel. Sementara saat di Melaka, kita kudu cari makan sahur sendiri.

2. Ngabuburit ke tempat-tempat yang menggelar Bazaar Ramadan Di Malaysia.


Salah satu spot Bazaar Ramadan di daerah Kampung  Baru, tepatnya di Jalan Raja Alang yang sudah rame pengunjung selepas Ashar. 

Aneka sajian kuliner yang menggoda rasa, dari mulai masakan Melayu, Peranakan, Arab, India, Western semua ada. 


Ini kayaknya salah satu keseruan yang nggak boleh dilewatkan selama menjalani puasa di Malaysia.

Sore selepas jam 4, biasanya saya bakal janjian sama anak-anak dan Pak Suami di salah satu masjid terdekat dengan jalur transportasi untuk ketemuan dan ngabuburit bareng. Momen ini tuh, yang paling kami kangenin.



Biasanya anak-anak nunggu di masjid sambil gogoleran dan murojaah, kemudian kami jalan-jalan cari bazaar Ramadan untuk beli makanan buat buka.

Bazaar Ramadan favorit kita adalah yang ada di area Kampung Baru karena harganya murah, terus jadi kenal berbagai kuliner khas Malaysia, plus makanan Indonesianya juga mayan banyak.

3. Mencicipi Bubur Lambuk Di Malaysia 




Sebenarnya saat berbuka puasa di Malaysia, kita nggak perlu khawatir soal kudu berbuka puasa pakai apa karena biasanya hampir di tiap masjid disiapkan makanan dan minuman untuk berbuka puasa gratis. Yang paling khas dan sering dibagikan itu adalah bubur lambuk.

Hari pertama berbuka di dekat Masjid Jamek Kampung Baru bahkan ada artis (entah siapa hehe, tapi pakai diliput stasiun tevenya Malaysia) yang lagi bagi-bagi bubur lambuk. Nah, saat itulah kita jadi kepo dan penasaran sama bubur lambuk ini. Pas mau beli dikasih tahu sama local people kalau bisa ngicipin di masjid yang bagi-bagi takjil.

4. Wisata ke berbagai Masjid Di Malaysia Selama Ramadan. 




Berwudhu di Masjid Kampung Keling, Melaka. 


Saat ramadan situasi masjid-masjid cukup meriah, karena banyak juga wisatawan dari berbagai negara yang ingin mengenal Islam berkunjung ke berbagai masjid yang tersebar di Malaysia.

Beberapa masjid yang sempat kami datangi antara lain : Masjid Jamek, Masjid Jamek Kampung Baru, Masjid di Kampung Keling Melaka, dan Masjid di Putrajaya. Ceritanya bisa dibaca di sini yaah.

Itu tadi beberapa hal yang kami kangenin dari suasana ramadan selama di Malaysia. Salah satu wishlist yang juga ingin kami wujudkan adalah merasakan persiapan lebaran di negara lain, ya tentunya sekalian merasakan suasana Idul Fitrinya juga dong.

Rasanya, bersama dalam momen-momen saat berada di tempat yang jauh dari tempat asal, jauh dari keluarga yang lain bikin bonding keluarga kami makin kuat. Semoga tahun depan bisa ngebolang bareng lagi. Aamiin.

Mengenang kebersamaan semacam ini kita jadi cara ampuh buat meredakan kecemasan di masa-masa menghadapi pandemi seperti sekarang ini. Kayaknya bakal bongkar-bongkar lagi momen jalan-jalan untuk ditulis ulang di blog, deh.


23 comments:

  1. wah aku penasaran pengalaman puasa di negeri orang mak, seru ya bisa coba menu khas Ramadan saat berbuka dan sahur

    ReplyDelete
  2. Pelesiran ke Malaysia masih bisa nemuin banyak mesjid, ya, Mbak.
    Anak anak hepi ga dibawa jalan jalan ditengah tengah puasa mba?
    Pengen banget nih nyobain ramadhan di negeri jiran. Semoga masih punya kesempatan dan rezeki yaa.

    ReplyDelete
  3. Ah jadi kangen ke Malaysia, aku beberapa tahun lalu sempat lebaran di Kuala Lumpur dan merasakan juga lebaran di negara tetangga. Tapi gak sempat nyobain bubur Lambuk, nanti kalau ke Kuala Lumpur lagi mau ah nyobain.

    ReplyDelete
  4. Pengalaman yang menyenangkan.. kebayang lah kangennya kayak apa hehe... Semoga ada kesempatan kesana lagi di bulan Ramadhan ya..

    ReplyDelete
  5. wah asyik banget bisa merasakan puasa di negeri orang bersama suami dan anak-anak. pasti jadi cerita yang sangat berkesan untuk semua.

    ReplyDelete
  6. Kalau di sana Subuh pukul berapa, Mbak? Saya lupa, tapi kayaknya di sana pukul 5 juga masih gelap banget

    ReplyDelete
  7. aku pengen banget travelling ke malaysia. udah ada rencana, eh ada corona. duh, entah nih kapan bisa ke sana betulan. :(

    ReplyDelete
  8. Iiih padahl rencana saya tahun ini pun mau merasakan bulan ramadhan di negeri orang seperti apa. Tapi Allah blm ijinkan krn wabah.

    ReplyDelete
  9. Kangen Ramadan tahun tahun lalu, semoga tahun depan, Ramadan bisa seperti tahun lalu dan virus corona ini lekas selesai sehingga bisa mengunjungi masjid masjid yang sudah menjadi list kunjungan masjid setiap tahun.

    ReplyDelete
  10. Selisihnya lumayan panjang ya dengan di Indonesia. Kalau di sini bangun jam. 4.00 sudah kesiangan,di sana bisa nyantai. Imsaknya juga jam setengah 6. Berasa sarapan ya. Hihi..cuma waktu buka yang jam 19.00an jd berasa lamaa..pengalaman seru mbak...

    ReplyDelete
  11. wah lumayan banget bisa ngrasain puasa di Malaysia selama beberapa hari, pasti berkesan sekali. Penasaran dengan bubur lambuk hm..semacam apa ya, buat free takjil di mesjid-mesjid pasti enak sekali

    ReplyDelete
  12. Jadi pengen ngerasain puasa di negara orang. Suka mikir sih, takut gak bisa makan, dsb. makanya aku suka gak berani bepergian saat bulan puasa :)

    Btw, aku jadi pgn baca buku kuliner Semarangnya deh.

    ReplyDelete
  13. Kalau puasa Ramadhan pas di malaysia, suasananya ada kemiripan dengan di Indonesia ya Mbak. Untuk melaksanakan Ibadah tarawih, banyak pilihan Masjidnya, kereen. Semoga ketularan bisa ke Malaysia, aamiin

    ReplyDelete
  14. Aku belom pernah ke malaysia padahal deket banget yah dari Indonesia ini aku malah kangen kampung halaman aku malang

    ReplyDelete
  15. Waktu ke Kuala Lumpur bareng teman-teman dan suami dulu, kami sempat kulineran di pasar dekat Masjid Jamek. Harganya enggak mahal dan makanannya semua enak kayaknya. Tapi aku malah beli nasi lemak sama mangga aja, hihiii

    Kangen jadinya pengen ke Malaysia lagi, tapi rencana sama anak-anak. Semoga bisa tahun depan dan pandemi udah nggak ada lagi

    ReplyDelete
  16. Baca cerita ngebolang ke Malaysia berasa keseruannya. Asyik ya, bisa menikmati suasana Ramadhan di negeri lain sekaligus bisa mempererat bonding bersama keluarga

    ReplyDelete
  17. Feelnya beda y mba ktika di Indonesia Dan di Sana waktu bukannya juga lama Malaysia, jam buka puasanya itu sekitar jam 19.30 an. Krn jam enam itu masih terang,

    ReplyDelete
  18. Duh jadi ingin ke Malaysia pas Ramadan juga deh, seru kali yah bisa jalan - jalan di Negeri orang pas Ramadan dan merasakan suasana puasa disana, duh semoga pandemi segera berakhir, ingin jalan2 .

    ReplyDelete
  19. suka aku liat ekspresi foto tim semarang, memang terlihat kompak dan mau usaha supaya bisa foto bagus, semoga badai ini segera berlalu ya mba, hingga bisa lepaskan kangen

    ReplyDelete
  20. Aku paling jauh puasa di Kalimantan doang
    Belum pernah di luar negeri
    Semoga suatu saat bisa Ramadan di Makkah

    ReplyDelete
  21. Belum pernh ngerasain bulan puasa di negara tetangga pengen sih ngerasain misalkan di Mekkah. Aamiin kangen banget pengen ke Malaysia kesana terakhir 2016 blm kesana lagi

    ReplyDelete
  22. Barokallah ya Mba, jadi ingat ramadan di Hongkong juga wkkwkw
    kadang yang sudah terlewat kalau ingat bikin kangen juga ya.
    Semoga aku sempat main ke Malasyia juga aamiin

    ReplyDelete
  23. Wah sampai 10 hari ya mbak puasa di Malaysia. Saya pertama kali ke Malaysia tahun 2010 bersama suami dan dua anak balita. Saat itu bulan puasa juga. Kaget banget soalnya biasa di Indonesia kalau di mall orang bebas makan apalagi kalau wanita kan ada haid juga ya. Ini disana karena aku berkerudung dan dibilang orang melayu makanan harus dibungkus, nggak boleh makan di tempat siang-siang. Tapi karena ada dua balita dua balita boleh makan di mall siang hari.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.