Jalan-Jalan Ke Tempat Shootingnya Drakor Crash Landing On You

Jalan-Jalan Ke Tempat Shootingnya Drakor Crash Landing On You

Jalan-jalan ke tempat shootingnya drakor Crash Landing On You, tapi boong secara virtual jadi salah satu cara saya untuk mengurai rasa cemas. Kayaknya kalau bilang "I am okay" selama masa pandemi ini jatuhnya jadi semacam denial deh. Karena jauh di dalam hati ini memang ada kecemasan yang tak terstruktur yang kudu diredakan (soal itu nanti dibahas sendiri deh ya). Salah satunya dengan berani bermimpi kembali.

Kemarin-kemarin saya takut bermimpi. Masih masa pandemi gini, nggak mau yang berharap terlalu banyak. Apalagi kalau mikirin tiket yang di-refund jadi akun kredit dan nggak tau kapan bakal dipakainya. Tapi mimpi kan gratis. Daripada memvisualisasikan yang bikin takut dan cemas, kenapa nggak memvisualisasikan hal yang bikin semangat yekan? 

Biar Sang Maha Mengabulkan ridho karena kita terus berbaik sangka padaNya. Udah mah mimpi itu gratis, tiba-tiba Allah jadikan nyata. Apa sih, yang Allah nggak bisa?

Worry is a misuse of imagination quote

Baca juga : Kenapa cemas berlebihan dapat menurunkan imun tubuh dan mental?

So mari berkemas dan siapkan koper kalian, juga sedikit keahlian berbahasa Korea hasil ngedrakor. 가자 Gaja!

Pertama-pertama, saya mau ajak kalian ke filming spots-nya drakor Crash Landing On You dengan setting cerita saat masih di Korea.

Dimana ajakah lokasi shooting drakor Crash Landing On You itu?


1.Byeolmaro Observatory, Yeongwol


Di sinilah awal mula segalanya. Byeolmaro Observatory di Yeongwol adalah tempat Yoon Se-ri menguji produknya yang baru diluncurkan dengan melakukan paralayang hingga ia terseret angin dan mendarat di perbatasan Korut-Korsel

Pic from : kfish220, if you want to know about glamping or caravan around Yeongwol, you can contact him


Yeongwol berada di provinsi Gangwon-do. Merupakan tempat populer bagi penduduk lokal dan wisatawan untuk menikmati keindahan pemandangan alam. Juga menjadi jujugan wisatawan untuk melakukan hiking atau camping karena di sini juga terdapat gunung yang paling terkenal di Korea, yaitu Gunung Seoraksan.

Biasanya ada beberapa private tour yang beroperasi untuk membantu rombongan wisatawan yang ingin melakukan glamping atau hiking di area ini dengan area khusus yang sudah disiapkan, lengkap dengan tenda dan kolam air panas.

2. Halassan National Park. 


Sudah siap mendarat di atas pohon dan menunggu diselamatkan oleh Kapten Ri?

Nah, adegan itu difilmkan di Pulau Jeju lho, tepatnya di Taman Nasional Hallasan. Taman Nasional Hallasan sendiri ditetapkan sebagai situs Warisan Alam Dunia UNESCO.

Halassan National Park Pulau Jeju

Biasanya orang-orang yang berkunjung ke taman nasional tersebut dapat mendaftarkan diri untuk ikutan kursus hiking.

Selain itu, tentunya kudu menjelajah Pulau Jeju. Ada beberapa pilihan aktivitas wisata yang dapat dilakukan di Pulau Jeju, salah satunya dengan booking paket One Day Jeju Guided Bus Tour.

3. Taean

Ini adalah desa tentara tempat Kapten Ri Jeong Hyeok tinggal. Dari semua setting cerita, desa ini paling menarik perhatian saya karena beneran jadi membayangkan gimana sih, suasana Korut yang sebenarnya.

Festival Tulip Taean

Pic from Korean Culture Tour 


Taean berjarak sekitar tiga jam dari Seoul. Taean juga terkenal karena rutin mengadakan Festival Tulip Taean setiap musim semi, dari bulan April hingga Mei. Di sana, kita juga dapat menyaksikan festival cahaya yang cantik banget dinikmati saat malam hari.

4. Seolbong Park

Terletak di Icheon di Gyeonggi-do, taman ini menjadi latar di episode 6 waktu Jeong-hyuk dan Se-ri berjalan-jalan malam.

Seolbong Park
Pic credit from : Keiko Y 

Seolbong park merupakan kawasan yang memiliki sejarah panjang dalam seni pembuatan keramik.

Beberapa festival tahunan yang memamerkan kaligrafi atau tembikar rutin digelar. Di sana, ada sebuah danau yang dikelilingi patung-patung keramik yang unik.

Lokasinya ada di 355-11, Gwango-dong, Icheon-si, Gyeonggi-do transportasi yang bisa digunakan adalah dengan menaiki Bus nomer 28 dari terminal bis di Icheon kemudian langsung turun di Seolbong Park.

5. Jungangtap Park 중앙탑사적공원

Jungangtap Park
Pic : hellomeissa


Yang kangen sama geng anak buahnya Kapten Ri mungkin bisa bernostalgia di area taman yang berhadapan dengan Sungai Namhangang.

Di sana juga ada bangunan pagoda 7 lantai yang dikenal dengan "Menara Jungangtap" ("jungang" yang berarti tengah). Ada juga spot foto keren berbentuk full moon yang menjadi instalasi untuk menambah daya tarik pengunjung.

 6.Tangeum Lake Rainbow Bridge 탄금호 무지개길

Tangeum Lake Rainbow Bridge
Pic : hellomeissa

Berlokasi di Chungju, ini adalah lokasi tempat Seung Joon dan Seo Dan saling mengakui perasaan mereka. Nggak tahu kenapa saya kok, malah suka sama kedua pasangan second lead itu ya.

Tempat shooting drakor crash landing on you
Pic : hellomeissa


Lokasi jembatan tersebut ada di Tapjeongan-gil, Jungangtap-myeon, Chungju, Chungcheongbuk-dp 27447, Korea Selatan.

Transportasi yang bjsa digunakan Bus No. 112-1, 404, 411, 412 dari Halte Terminal Bus Chungju, turun di Kantor Pos dan berjalan sejauh kurang lebih 250 meter

Itu tadi enam tempat shooting drama Korea Crash Landing On You dengan setting Korea. Selanjutnya, siapkan koper kalian karena kita akan terbang ke Swiss.

Ada beberapa tempat cantik di Swiss bagi kalian penggemar drakor Crash Landing On You dan ingin bernostalgia, atau suatu saat ingin foto prewed di Swiss. Di mana sajakah itu :


1. Lindenhof

foto prewed di Swiss

Episode 16 crash landing on you

Merupakan daerah perbukitan yang tampak melandai dengan alun-alun cantik. Istana Roma Kuno dan Dinasti Carolingian didirikan di daerah ini, sementara daerah puncak bukitnya termasuk peninggalan arsitektur prasejarah dan jadi properti budaya penting di Swiss.

Se-ri mendengar seseorang bermain piano


2. Jembatan Katedral (Münsterbrücke)

Münsterbrücke adalah jembatan penting di Sungai Limmat di Zurich, Swiss, yang terletak di area inti bersejarah kota tua abad pertengahan Zurich.

Münsterbrücke adalah jembatan penting di Sungai Limmat di Zurich

Jembatan Katedral

Jembatan ini dinamai dua katedral karena di kedua sisi jembatan terdapat Katedral Bunda Maria di Zurich dan Katedral Zurich.

Area di sana termasuk wilayah real estat termahal di Swiss, seolah menjadi sinonim bagi kemakmuran. Kantor pusat UBS dan Credit Suisse keduanya berlokasi di sini.

Tidak jauh dari area tersebut, ada juga Little Schadek yang menghubungkan dua desa Grindelwald dan Lauterbrunnen melalui Kereta Api Pegunungan Wengen.

Stasiun KA tersebut bukan hanya stasiun terminal kereta api di kedua ujung Wengen Alps Railway, tetapi juga titik awal dari Jungfrau Railway.

Jungfrau Railway berangkat dan mencapai Jungfrau Mountain Pass melalui terowongan di Eiger dan Monk's Peak. Stasiun Jungfrau Mountain Pass adalah stasiun kereta api tertinggi di Eropa.

3. Iseltwad.

Siapa yang gagal move on dari adegan ini? Bisa dibilang, adegan ini menjadi penghubung bagi seluruh rangkaian kisah pertemuan Kapten Ri dan Seri baik di masa lalu dan masa kini.

The Landing Stage is a wooden boat dock in Iseltwald

Episode 7, Jeong-hyeok

Takdir katanya. Kita tidak pernah tahu siapa orang di masa lalu yang tampak tidak memiliki kepentingan dalam kehidupan justru menjadi seseorang yang penting di masa depan.

Sebuah dermaga kecil tempat Kapten Ri memainkan sebuah instrumen dengan pianonya, yang hanya berjarak tujuh ratus meter saja dari jalan di tepi danau.

Itu tadi beberapa tempat shooting drakor Crash Landing On You yang suatu saat nanti mungkin bisa teman-teman datangi.

Sebenarnya masih ada beberapa spot lainnya yang juga nggak kalah cantik, seperti Kleine Scheidegg, panorama bridge sigriswil, dll.

Baca juga : content marketing dan product placement yang smooth banget di drakor CLOY.

Kalau penasaran dengan lokasi-lokasi tersebut, ikutan virtual tournya yuk di Ig story @nianurdiansyah kalau ketinggalan kalian bisa cek di highlight yaa.

Cukuplah yaa jalan-jalan virtual sejenak untuk menghilangkan rasa cemas.

Kalau ada yang bilang, Mbaaak nulisnya kok travel terus. Nggak malah tambah bikin stres ya, karena kenyataannya lagi nggak bisa kemana-mana.

Jawaban saya, mengutip Paul Theroux dalam tulisannya di buku Fresh Air Fiend : Travel Writings.

Travel is a state of mind 



Don't stop dreaming and whispering to the Owner of Universe. This too shall pass.

힘내! himnae!

25 comments:

  1. Wah, tempat syuting filmnya cakep2 banget Mau juga dong bisa mampir suatu hari nanti. Seneng sama spot jembatan dan sekitar laut atau sungai. Pemandangannya daet banyak ya. Jadi kalau nonton pasti keingetan lokasi2 syutingnya. Eh, daku ga ngikutin drakor sih hihihihi :D

    ReplyDelete
  2. Salam kenal dari bunda. Keren lho, sekalipun virtual travel a.k.a. boongan, tp membaca artikel dan melihat foto2 yg bagus dan menarik seperti bukan virtual lho.

    ReplyDelete
  3. Ya ampun ini tuh aku jadiin list untuk travelingku loh, jadi bilang sama pak suami kemarin itu aku pengen jalan-jalan ke tempat shootingnya Crash Landing On You. Pertama dia ketawa dong karena katanya aku korban drakor, tapi aku bilang karena mau hunting foto. wakakakakakaa...

    ReplyDelete
  4. Wow...'jalan-jalan virtual', ide kereen mengisi kekosongan di musim pandemi ini. Apalagi ngunjungi tempat-tempat keren yang ada di film/drama favorit pastinya.

    ReplyDelete
  5. lokasi syutingnya kece banget yaaks...
    serasa ikutan gimana gt ya klo bs tour dan napak tilas
    semoga covid 19 segara berlalu jadi kita bs jalan2 beneran lg yaa

    ReplyDelete
  6. Akutu selalu salut sama para KPOP-ers, karena segala info-info yang berkaitan dengan sosok idolanya tuh, selalu up to date. Hihihi, aku belum kepengen berkenalan dengan srama-srama Korea, khawatir nyaman, eh kesengsem deh :))

    ReplyDelete
  7. Tak spslah sebagai travel yg "boongan" tp setelsh membaca tulisan dan melihat foto2nya keren dan memesona terasa seperti "bukan" travel bo-ongan tapi beneran travel yg bikin pembaca iri lho! Pengen juga menjelajahi tempat2 ini. Salut dengan penuturannya.

    ReplyDelete
  8. Keren keren banget tempat shootingnya , instagramable, ga nanggung2 ya film Korea kualitas settingnya bagus

    ReplyDelete
  9. Aku suka lihat suasana desa Taeannya Mak. Tempat di Swissnya keren. Semoga pandemi ini lekas usai dan resolusi jalan-jalan ke tempat shootingnya terwujud segera. Bener Mak, mimpi mah gratis. Siapa tau malah jadi beneran kesampaian. Tar ajak-ajak ya kalau jalan-jalan hahaha

    ReplyDelete
  10. Selama di rumah aja aku tergoda banget dengan wisata virtual, tapi urung dan ga jadi terus. Hehehehe
    Tapi ini ko Yoo berasa nyata y..ngeliat foto2 nya itu malah jadi bernostalgia beberapa latar tempat drama crash landing on You

    ReplyDelete
  11. Spot yang cakep-cakep. Iyalahhh... biar penongtong juga betah ya. Aku terpesona glampingnya. Asyik bgt suatu saat bisa ke sana. Mimpi aja dulu ya.

    ReplyDelete
  12. Aku nonton ada orang indonesia datang ke tempat syuting CLOY yang rumahnya capt Ri. Jadi pas dia ke sana pas mau dibongkar krn itu katanya dibuat khusus syuting.

    ReplyDelete
  13. Yes...gajaaaa~
    And this is the best healing for drakorian.
    Love this post and feels like with Captain Ri, #eh

    ReplyDelete
  14. Aku pengin berkunjung ke Desa Taeun di Korut. Nuansanya itu mengingatkan pada kehiduoan jaman dulu terutama saat tidak ada listrik.

    ReplyDelete
  15. Terima kasih, mak, krn udah nunjukin lokasi shooting drama favoritku. Mudah2an suatu saat nanti beneran bisa kesana. Pandemi segera berlalu, dan tabungan segera terkumpul. Amiiin

    ReplyDelete
  16. Aku belum nonton darakor Crash landing on You, jadi pengen ih.

    Bener, sekarang traveling virtual dulu udah cukup bikin seger. Aku beberapa kali pas kangeeen banget sama kampung halaman, langsung buka google earth :D luamaynlah ngeliatin rumah dan jalan2 sekitar rumah ;)

    ReplyDelete
  17. Wah wah.. keren banget mbak Nia.. sekomplit itu lo Cari Tahu filming spots CLOY.

    Baru tahu kalau tempat mendaratnya di Pulau Jeju dan desa Capt.Ri Ada di wilayah Korsel Juga.. keren ya bisa menampikkan korut sedemikian Rupa.

    Btw, Aku Juga lebih suka second lead couple nya .. lucu. Dan mereka main lagi di dinner mate, meski yang cowok cuma di episode awal Aja.

    ReplyDelete
  18. dari dulu pengen banget ke negara empat musim apalagi korea dengan segala keindahanya yg cuma bisa kita liat di drakor, liat ini kok jd makin mupeng ke korea, kita berdoa sama-sama mba nia smoga kita bs ke korea ya mba jalan-jalan aamiin. hehe

    ReplyDelete
  19. Saya bukan penggemar drakor mbak, jadi secara khusus nggak tahu juga drakor crash landing on you. Tapi anehnya nama Kapten Ri kok nggak asing ya, karena sering disebut pas nonton infotainment hehe.

    Sudah bisa diduga jika tempat syutingnya akan sebagus itu, karena memang banyak tempat di Korea yang bagus-bagus. Jadi tahu nih, drakor yang satu ini punya banyak kelebihan, selain tempat syutingnya ciamik, nama Kapten Ri juga bisa jadi jaminan.

    Jadi penasaran pengen lihat drakor ini. Eh, tapi janganlah, ntar jadi nyandu dan kebaperan sama Si Kapten :)

    ReplyDelete
  20. Semua tempat yang dipilih untuk syuting pasti cakep ya, bikin ikutan bermimpi kesana juga. Dan ternyata gak hanya di Korea, tapi sampai ke Swiss. Akkkk itu negeri impian aku dari jaman SMA, sampai ngirim surat ke Kedubes Swiss di Jakarta pada masa itu, hihihii

    ReplyDelete
  21. Wah ada adegan yg di di Swiss ya. Salah satu negara impianku tuh mbak sampe nyimpen beberapa spot keren di swiss termasuk Iseltwald juga. Scene nya yuh beneran kek negeri dongeng ya

    ReplyDelete
  22. Mbak, aku kok malah penasaran pengen baca buku referensinya yaaa.

    Btw, drakor CLOY ini emang lokasinya cakep ya. Meski menggambarkan Korut yang dideskripsikan masih 'ndeso' tapi tetep aja cantik. Good reference untuk piknik selanjutnya nih.

    ReplyDelete
  23. Rumahnya Kapten Ri aku pikir beneran setting di Korea. Hihihi. Btw Iseltwald cantik parah, yaaaa! Ngeri banget pemandangannya, bikin terngiang-ngiang! :D

    ReplyDelete
  24. Menghayati banget nih Nia menulis tentang tempat-tempat yang ada di CLOY.
    Sama nih case-nya dengan aku, tapi kalau pas baca novel, misal ya kisah-kisah Detektif Cormoran Strike di serial novel Robert Galbraith, settingnya kan di London tuh. Setiap tempat yang dijadikan setting jadi kebayang-bayang gimana sih itu bentuknya. Lalu googling dan cari tahu lebih lanjut. ;)

    ReplyDelete
  25. Uwwwo, glamping spot dan danaunya, kudu banget dimasukkan ke dream list spot.
    Serasa berada di tempat-tempat impian, jadinya ^^

    ReplyDelete

Powered by Blogger.