Membantu Pemulihan Ekonomi Kerakyatan Bersama ISC

Membantu Pemulihan Ekonomi Kerakyatan Bersama ISC

Hand sanitizer, sabun cuci tangan, tisu basah, adalah beberapa barang yang wajib dimiliki di masa-masa adaptasi kebiasaan baru seperti sekarang ini. Bahkan untuk hand sanitizer dan tisu basah hampir selalu ada di tas ketika bepergian agar tetap bisa menjalankan protokol kesehatan. Tahukah teman-teman, kalau sebenarnya fungsi barang-barang di atas, selain untuk menjaga kesehatan dan kebersihan diri sendiri, membeli dan menggunakan barang-barang tersebut juga bisa membantu menggerakkan perekonomian rakyat. 

Ya, perekonomian Indonesia memang mengalami perlambatan, atau kontraksi kalau istilah ekonominya, di masa pandemi ini. Di tingkatan atas, kita sama-sama bisa melihat bagaimana industri ritel dan pariwisata mengalami keterpurukan. Namun, tahukah teman-teman apa yang masih tetap bergeliat dan menyumbang pergerakan nadi ekonomi di tingkat bawah? Jawabannya adalah UMKM. 

Tanpa terasa kini kita menjadi salah satu roda kecil penggerak ekonomi di tingkat bawah. Coba saja bayangkan, bagaimana kita bisa membuat toko penjual bahan-bahan membuat kue kembali ramai hanya karena kita membeli kue buatan tetangga sebelah rumah. 

Iya ternyata langkah kecil nglarisi dagangan tetangga atau teman sendiri bisa memiliki imbas besar pada pergerakan ekonomi skala besar lho. Kalau toko bahan roti ramai lagi, otomatis supplier juga mulai bergeliat menyuplai barang, sementara produsen terus memproduksi bahan-bahan. 

Nah, sudah terbayang kan bagaimana sebenarnya peran kita dalam memulihkan kondisi ekonomi tanah air. Lalu, kira-kira bisa nggak ya, kita membantu memulihkan kondisi ekonomi Indonesia hanya dengan membeli barang-barang yang wajib dimiliki selama masa adaptasi kebiasaan baru, yaitu hand sanitizer, sabun cuci tangan, tisu atau minyak kayu putih? 

Saya mulai kepikiran tentang hal itu, ketika melihat daftar belanja bulanan yang selalu diwarnai dengan barang-barang tersebut. Bisa dibilang hampir tiap bulan, pasti membeli setidaknya 5 botol kecil hand sanitizer untuk orang serumah. Saya jadi mikir, kalau saja saya membeli barang-barang ini dari UKM pasti bakal ada timbal balik yang positif, dan hitung-hitung bisa membantu Usaha Kecil Menengah untuk bertahan di situasi pandemi gini. 

Tapi rata-rata produk yang saya beli tiap bulan tersebut buatan pabrik besar. Bukan berarti pabrik besar nggak perlu pembeli macam saya untuk menggerakan  roda ekonomi ya, hanya saja sepertinya kalau ada UKM yang menjual produk-produk sejenis, saya mau juga dong membantu keberlangsungan usaha mereka. 

Pencarian itu pun terjawab ketika akhirnya saya mengenal ISC atau Indo Supply Chain. ISC ini merupakan perusahaan penyedia barang kebutuhan dasar / sehari-hari yang memasarkan  produknya dengan metode penjualan langsung atau direct selling. Bentar-bentar jangan langsung yang dibayangkan itu MLM yang teman-teman suka enggan berurusan yaah. 

ISC ini dibangun dengan dasar kemitraan, semangat kebersamaan dan gotong royong, termasuk dalam memasarkan produk-produk lokal dari para UKM.

Nah, saya sendiri sempat kepikiran soal model pemasaran yang tepat untuk temen-temen UKM, karena banyak banget dari mereka yang menghasilkan produk-produk lokal berkualitas tapi secara pemasaran dan distribusi masih mengalami kendala. Dan untuk UKM kalau harus terjun ke marketplace rasanya bakal berdarah-darah karena persaingan harganya. 

Setelah membaca soal ISC ini, menurut saya direct selling bisa jadi langkah pemasaran yang tepat untuk produk-produk UKM. Apalagi nih, PT. Indo Supply Chain yang sudah didirikan sejak Tahun 2017 tersebut telah berkembang dengan memiliki cabang-cabang di Bandung, Surabaya, Semarang dan Bali. ISC Store ada di Cibubur, Denpasar, Surabaya, Semarang dan Bandung sedangkan Distribution Center ada di Tangerang Selatan dan Yogjakarta, sementara kantor pusatnya ada di Jakarta Timur, tepatnya di MTH Square. 

Dengan memiliki cabang-cabang di beberapa kota besar maka jangkauan distribusi dan pemasaran produk UKM bakal lebih mudah. Apalagi kalau sudah ada sistem atau regulasi yang menaunginya. Sering kali, UKM mandek karena memang tidak bisa berkembang karena sistem  pemasaran masih konvensional dan hanya mengikuti insting berdagang yang sederhana. 

Dengan adanya ISC, siapa pun bisa bergabung dengan bisnis ISC ini, misalnya dengan menjadi mitra ISC, yaitu dengan cara menjualkan produk secara dropship. Keuntungan menjadi mitra adalah bisa mulai berbisnis tanpa modal. Nah, ini bisa jadi peluang juga kan untuk masa-masa sulit seperti sekarang ini. Selain nggak perlu modal, kalau menjadi mitra kita nggak harus nyetok produk atau barang di rumah karena mitra dapat melakukan order barang secara online untuk dikirim langsung ke alamat pembeli. 

Dan yang semakin mempermudah, ISC ini juga sudah memiliki aplikasi mobile sejak tahun 2018, yaitu ISCGlobe. Ini tentu saja menjadikan ISC ikut mewujudkan UKM Go Digital, program yang juga digalakan pemerintah sejak tahun 2019. Tentunya ini dapat mempermudah mereka dalam hal pendataan, juga mempermudah mitra ketika terjun dalam bisnisnya. 

Selain berpeluang menjadi mitra, kita juga membantu menggerakkan roda ekonomi kerakyatan karena produk-produk di ISC ini memang sangat beragam dan menyasar kebutuhan sehari-hari, dari mulai produk pangan hingga non pangan. 

Awalnya saya juga agak bingung nih, karena mengira yang dijual ISC hanya produk bahan pangan seperti beras, kecap, mie, dan gula saja, tetapi setelah saya cermati ternyata ada produk non pangannya juga. 

Sebelum ke produk non pangan, saya sempat berselancar di lamannya dan cukup senang juga karena ISC ini juga menjual bahan pangan lokal yang ramah kesehatan, seperti beras merah, gula aren, kaldu jamur, madu multiflora, dan lain-lain. Yang juga menarik perhatian adalah produk-produk ISC ini memiliki label 'gotong royong' yang artinya jika kita membeli produknya berarti telah sama-sama mendorong laju roda perekonomian ke arah pemulihan. 

Untuk produk non pangan yang sudah saya coba antara lain adalah : hand sanitizer, sabun cuci tangan, dan minyak kayu putih. Nah ketiga barang tersebut akan saya ulas di bawah ini ya : 

Hand Sanitizer 



Dikemas dalam botol transparan dengan label stiker anti air. Hand sanitizer 100 ml ini memiliki aroma mild, yang mengesankan bersih. Setelah disemprotkan ke tangan, tekstur cairnya lebih mudah menyerap dan tidak meninggalkan rasa lengket. Di bagian belakang botol juga sudah tertera komposisi, cara pemakaian, tanggal kedaluwarsa, serta izin produksi dari Kemenkes. 

Kalau membandingkan dengan produk buatan pabrik, saya cukup suka hand sanitizer ini karena tidak ditambahkan pewarna pada cairannya, sehingga rasanya aman karena tidak meninggalkan bahan pewarna. Aromanya juga tidak terlalu pekat, dan yang penting fungsinya sama-sama bisa menjadi antiseptik dan disinfektan. 

Sabun Cuci Tangan. 



Untuk sabun cuci tangannya, saya paling suka varian yang cool mint. Dikemas dalam botol pump 500 ml, handwash ini bisa bertahan untuk pemakaian rutin selama sebulan. Aromanya menyegarkan dan nggak meninggalkan sensasi kering setelah cuci tangan. 

Minyak Kayu Putih. 



Sama halnya dengan kedua produk di atas minyak kayu putih dari ISC juga berlabel Gotong Royong. Saya paling suka minyak kayu putihnya karena hangatnya tahan lama, dan kalau menilik kandungannya, 83 % adalah minyak kayu putih dengan tambahan Eucalyptus 17 %. Sama seperti minyak kayu putih pada umumnya, aromanya khas. Minyak kayu putih dari ISC ini juga cukup tahan lama dan nyaman digunakan di kulit karena tidak ada bahan tambahan lainnya yang tidak diperlukan. 

Dari ketiga produk ISC yang sudah saya coba tersebut, saya bisa menilai bahwa untuk produk-produk non pangan dari ISC memang tidak semeriah buatan pabrik dalam hal desain kemasan, namun secara fungsional cukup bagus dan memiliki kualitas yang sama. Nilai lebihnha tentu saja dengan menggunakan produk-produk non pangan dari ISC kita bisa membantu produsen yang merupakan UKM agar bisa memajukan usahanya. 

Buat kalian yang tertarik dengan produk-produk dari ISC ini, apakah akan membelinya untuk konsumsi pribadi atau ingin menjadi mitra, teman-teman bisa mencari tahu lebih jauh lagi melalui website atau laman sosial medianya di Instagram @iscglobe 

Semoga tulisan ini bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi ketika teman-teman mencari peluang bisnis atau ingin membantu pemulihan ekonomi negeri ini dengan terus mendukung UKM. 


45 comments:

  1. Indo Supply Chain, produk asli indo patut di apresiasi

    ReplyDelete
  2. ENJOYYY dan anti ribet club kalo belanja pakai ISC ini ya mba
    Setelah aku ceki2 webnya, ternyata Ada cabangnya juga di Sby, ga terlalu jauh dari rumahku
    sip markosip!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengen belanja nih...unik banget nama produknya Gotong royong..Sangat Indonesia.. Semua produknya pakai merk itu ya..

      Delete
  3. wah bisa pakai sistem dropship yah
    berarti tidak harus tinggal di Jakarta buat berjualan produk ISC?
    asyik dong ada potensi bisnis baru untuk buibu di rumah sekaligus menggerakkan UKM.

    ReplyDelete
  4. Oh, jadi merk produk ini 'Gotong Royong' ya mbak? Bagus banget nih sangat mendukung para pelaku UKM. Boleh juga kapan2 aku mencoba produk ISC ini, apalagi harganya terjangkau. Minyak kayu putih dan hand sanitizer serta sabun cair pencuci pakaiannya oke juga nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Indonesia banget yak namanya..Gotong-royong. Semoga banyak yang terbantu dengan ISC ini ya..

      Delete
  5. Di sini juga ada beberapa tetangga yg punya usaha, seringnya jualin aneka masakan dan kue, kalau ada rezeki lebih, biasa ngelarisi dagangan tetangga.

    Kalau produk ISC harganya bersaing nih, bisa dibeli satuan atau retail gitu?

    ReplyDelete
  6. menarik sekali reviewnya nih mak, alternatif lain dari berwirausaha dari rumah dengan menjual produk-produk penunjang hidup di masa pandemi seperti sekarang ini

    ReplyDelete
  7. Setuju sekali Mbak, membantu kelangsungan perekonomian UMKM dengan berbelanja kebutuhan pokok di sana, seperti handsanitizer untuk keluarga ya, Mbak.

    Dengan brand yang diusung gotong royong, benar-benar memberikan tagline, bahwa kita semua harus gotong royong ya. Semoga perekonomian di Indonesia semakin maju khususnya UMKM

    ReplyDelete
  8. Aku kepengn coba sabun cuci tangannya yang cool mint pasti selain wangi di tangan jiga terasa segar memang produk umkm lokal wajib kita bantu dengan membelinyaa agar penjualan lancar dan prduksi terus berjalan

    ReplyDelete
  9. Ternyata pangan dan non pangan semua ada ya di ISC ya, bagus banget ini apalagi label Gotong Royong untuk mendorong laju pertumbuhan ekonomi ke arah pemulihan. Meanrik ini!

    ReplyDelete
  10. keren memang ya ISC ini..bisa menjadi solusi membantu UKM melalui pemasaran produk, sekaligus membantu masyarakat belajar usaha dengan menjadi mitranya.. Jempol..

    ReplyDelete
  11. Wah keren sekali semangat dari ISC ini. Produk UKM lokal bisa berkembang tentu dengan pasarnya sendiri. Semoga ada edukasi ke masyarakat agar produk2 dari mitra bisa laku. Akhirnya bisa meningkatkan perekonomian. Salut.

    ReplyDelete
  12. So far aku udah coba beli produk produk UMKM ini,
    dan memang mereka juga udah beneran terjun profesional - jadi kemasan dan isi dipikirkan dengan seksama

    ReplyDelete
  13. Setuju mba, makin kesini aku care banget dengan Umkm, biar ngebantu juga ditengah pandemi gini.

    Tapi salut sih dengan ISC ini, dibangun dengan dasar kemitraan, semangat kebersamaan dan gotong royong 👍

    ReplyDelete
  14. Komplit banget produknya. Daridulu sebelum pandemi aku sudab terbiasa membawa handsanitizer dan tisu basah

    ReplyDelete
  15. Tadinya aku kira ISC ini cuma kayak distributor aja trrnyata enang jual produl dengan merk sendiri ya.. Pengen cobain produknya...

    ReplyDelete
  16. ISC ini menampung produk UKM terus dibranding lg ya kak? Aku baca yg 3 produk bagus euy ternyata, inovatif

    ReplyDelete
  17. Halo mba. Produk produk yang dijual di ISC ini dikirim ke seluruh indonesia atau di wilayah tertentu saja? Menarik nih :)

    ReplyDelete
  18. Produk dari ISC bisa sekalian membantu para UMKM untuk berkembang dan semakin banyak ragam produk yang dihasilkan.
    Yuk, dukung UMKM untuk terus maju.

    ReplyDelete
  19. Membantu perekonomian para UMKM, keren banget inovasi dari ISC ini. Yang dijual pun terbilang lengkap mulai dari pangan dan non pangan sesuai dengan kebutuhan sehari-hari.
    Selain mobile apps apa bisa diakses via website ya ?

    ReplyDelete
  20. Sekarang ini banyak produk UKM yang oke. Kalau dekat, pasti aku dukung ini. Apalagi sekarang sudah go digital. Jadi lebih mudah lagi karena tinggal pesan dan nanti diantar

    ReplyDelete
  21. ENJOYYY dan anti ribet club kalo belanja pakai ISC ini ya mba
    Setelah aku ceki2 webnya, ternyata Ada cabangnya juga di Sby, ga terlalu jauh dari rumahku
    sip markosip!

    ReplyDelete
  22. ISC ternyata gak hanya menjual bahan pangan ya tapi non pangan juga. Menarik banget nih. Kita jadi bisa mendapatkan produk UMKM berupa produk non pangan jadinya.

    ReplyDelete
  23. Waah mantul sekali ISC bisa jadi wadah buat para UKM buat pasarin produknya. Jujur baru tau aku ISC ini. Pelan-pelan udah pindah beli produk lokal sih terutama skincare. Jadi kepo sama barang-barang lain yang dijual di ISC deh.

    ReplyDelete
  24. Eh bener lho mbak, ngga semua pebisnis bisa masuk ke marketplace karena harganya emang parah. Sebagai konsumen saya sih happy ya kalau bisa nemu barang yang harganya jauh lebih murah di marketplace, tapi kalau saya jadi pedagang pun rasanya pusing gimana mengakali harga yang saling menjatuhkan itu. Btw, ISC semoga semakin sukses ya!

    ReplyDelete
  25. Wah, ternyata ISC udah ada di Bandung juga yah mbak jadi bisa cobain nih
    Beli hand sanitizer di ISC supaya bisa sekalian membantu para UMKM karena sistemnya direct selling yaaah.

    ReplyDelete
  26. Walau bukan bikinan pabrik yg penting ada standar kualitasnya tak masalah ya mbak.
    Wah jd selain membeli produk ini kita juga bisa berjualan jg ya? gak butuh modal gede bisa melalui dropship aja. Mayan banget kyknya nih :D Terima kasih infonya :D

    ReplyDelete
  27. Wah aku baru tahu soal ISC ini mbak
    ini membantu perekonomian masyarakat ya mbak, sekaligus memudahkan konsumen
    bisa belanja dari rumah
    ini ada di surabaya g ya

    ReplyDelete
  28. Keren nih ISC... Membantu UMKM sekaligus membantu calon pembeli juga karena praktis banget, ada aplikasinya pula...

    ReplyDelete
  29. aku pengen nyobain hand sanitizernya..
    semoga ISC sukses dan UMKM semakin berkembang dengan berbagai macam produk

    ReplyDelete
  30. ISC produknya macam-macam ya..komplit.. Aku belum pernah sih belanja di ISC.. kayaknya perlu dicoba nih...

    ReplyDelete
  31. ISC juga sekaligus menjadi solusi bagi para pelaku UMKM. Semoga aja UMKM kita bisa bangkit kembali setelah badai pandemi ini

    ReplyDelete
  32. Aku suka hand sanitizer yang aromanya enggak pekat, bagus juga ya produk dari ISC ini.
    Nah, aku udah pasang aplikasi ISC karena pengen belanja lebih gampang

    ReplyDelete
  33. Aku udah nyobain minyak kayu putihnya, hangat dan aromanya enak banget. Masih pengin nyobain sabun cuci tangan yang cool mint. Ntar ah belanja sesi berikutnya lagi.

    ReplyDelete
  34. ISC bisa menjadi solusi bagi yang menginginkan belajar berjualan tanpa modal dan lapak.
    Produknya pun sudah beraneka ragam. Sehingga memungkinkan banyak pilihan.

    ReplyDelete
  35. semoga ISC membuat banyak umkm naik kelas dan lancar dimudahkan program2nya.

    ReplyDelete
  36. Hepi banget ya mba punya produk ISC, jadi bisa membantu ukm lokal dan juga bisa kita pakai sendiri.

    ReplyDelete
  37. Semakin banyak wadah yang bisa membantu kesulitan ekonomi ya, Kak macam ISC ini.

    ReplyDelete
  38. Ini produknya lagi dibutuhkan bgt sama kita-kita di masa pandemi begini, jadi pengen beli nih produknya ISC

    ReplyDelete
  39. Oh, merek Gotong Royong ini produknya ISC ya. Asik banget ada start up yang membantu UKM lokal gini. Memudahkan konsumen belanja di UKM juga ya.

    ReplyDelete
  40. Semangat produk lokal. Harga terjangkau kualitas luar biasa. Mari majukan umkm kita

    ReplyDelete
  41. Dukungan ISC untuk pelaku usaha memang sangat berarti di masa seperti ini, semoga terus berkesinambungan untuk perekonomian makin bergerak lagi

    ReplyDelete
  42. Wah produk2 kayak gini yang perlu kita support. Dari kita untuk kita.. Nanti aku cari ah ISC ini..

    ReplyDelete
  43. Aku udah cobain produknya. Dari sambel pecel Madiun sampai Mie rebusnya. Semoga UMKM menjadi lebih makmur

    ReplyDelete

Powered by Blogger.