Manfaat Earthing Untuk Self Healing

Manfaat Earthing Untuk Self Healing

Selain kata 'healing' yang belakangan ini cukup sering kita dengar, kata 'earthing' dan 'grounding' juga sering disebut-sebut sebagai metode penyembuhan alami untuk self healing. Tapi teman-teman, tahu nggak sebenarnya earthing atau grounding itu apa? Beberapa waktu lalu viral vokalis Cold Play, Chris Martn berjalan-jalan tanpa alas kaki, nah apakah ia sedang grounding? Dan apa sih, manfaatnya untuk tubuh kita? 


Kalimat 'kita healing, yuk' belakangan ini sering kita dengar. Kalimat itu sering diucapkan beberapa orang untuk mengajak main ke alam. Hmmm, meski benar bahwa berwisata ke alam punya manfaat untuk healing, namun banyak juga lho, yang menyebutkan kata healing sekedar berkedok main saja. 

Healing yang sebenarnya, nggak harus kok sampai dibela-belain pergi jauh ke tempat yang instagramable. Alih-alih sembuh, terkadang tujuan kita main ke alam, jangan-jangan hanya untuk validasi eksternal saja. 

Biar main ke alamnya nggak gagal paham, kita pelajari yuk, salah satu aktivitas main di alam yang memang terbukti secara ilmiah dapat membantu mengurangi tingkat stres. 

Salah satu aktivitas yang bisa kita lakukan saat berada di alam terbuka yang bisa membantu menurun tingkat stres adalah earthing

Apa itu earthing? 

Manfaat earthing untuk mengurai stres



Aktivitas earthing sering juga disebut dengan grounding, yaitu aktivitas dimana tubuh kita melakukan kontak dengan elektron bebas yang ada di permukaan bumi dengan cara berjalan tanpa alas kaki, tidur di atas rumput atau tanah, atau melakukan aktivitas di luar ruangan yang terhubung dengan sistem konduksi dimana terjadi perpindahan energi dari permukaan bumi ke dalam tubuh. 


Earthing dapat dilakukan dengan beberapa cara, misalnya : 

Ada dua cara dasar dalam melakukan earthing

1) Di dalam ruangan, dengan menggunakan peralatan sederhana misalnya tikar yang memiliki sistem konduktif atau bersifat konduktor elektron, alas berbahan karbon, misalnya bantalan, selimut, kaus kaki, atau menggunakan gelang atau koyo. 

2), Di luar ruangan, dengan cara menghabiskan waktu tanpa alas kaki di luar ruangan yang bersentuhan dengan permukaan konduktif alami, seperti rumput, tanah, kerikil, batu, dan pasir.


Earthing di sungai

Berbaring di rumput untuk earthing


Apa yang terjadi ketika kita melakukan earthing

Tidur di alam terbuka

Sebelum memahami manfaat earthing untuk tubuh, kita pelajari dulu sedikit soal sistem imunitas tubuh ya. 

Jadi, dalam sistem imunitas tubuh ini, yang bekerja sebagai tameng kekebalan adalah sel darah putih. Pada saat sel darah putih melihat, misalnya di tubuh kita ini ada patogen, maka sel darah putih akan melepaskan molekul oksigen reaktif untuk mengoksidasi patogen yang masuk ke tubuh tadi. 

Molekul oksigen reaktif ini disebut juga dengan radikal bebas. Pernah dengar kan? Nah, Radikal bebas yang ada di tubuh kita ini sifatnya bisa merusak sel-sel yang sehat. Karena itu radikal bebas di dalam tubuh harus segera dinetralisir. 

Sifat dari radikal bebas ini memiliki ketidakseimbangan elektron yang menciptakan muatan elektrikal, yang memiliki tujuan untuk mencari elektron bebas agar bisa menetralisirnya. 

Permukaan bumi memiliki elektron bebas yang jumlahnya tidak terbatas, sehingga ketika kita berjalan tanpa alas kaki, elektron bebas ini bisa terserap ke dalam tubuh dan membantu menetralkan radikal bebas yang ada di tubuh. 

Dari sinilah kita bisa melihat proses penyembuhan terjadi, kenapa? Karena radikal bebas sendiri bisa muncul saat kita stress, terpapar polusi, memakan makanan yang nggak sehat, dsb. 

Manfaat Earthing untuk Self Healing 



Sama seperti vitamin D di dalam tubuh kita yang diproduksi oleh energi dan frekuensi yang dihasilkan dari matahari, 93 juta mil jauhnya, bumi tepat di bawah kaki kita juga menyediakan energi dan frekuensi unik yang secara langsung memengaruhi tubuh kita.

Earthing mengembalikan koneksi listrik primordial ke bumi yang hilang seiring waktu karena gaya hidup sehari-hari kita. 

Earthing dapat membantu mengoreksi apa yang disebut "sindrom defisiensi elektron," yang merupakan penyebab yang diabaikan dan kemungkinan signifikan dari berbagai gangguan kesehatan. 

Dari beberapa penelitian, ada beberapa manfaat terapi earthing yang ternyata bisa meringankan hingga mengobati masalah kesehatan, antara lain, mengurangi kelelahan, menurunkan depresi dan kecemasan, menghilangkan gangguan tidur, mengurangi inflamasi tubuh, mempercepat penyembuhan luka, dan sebagainya. 

Manfaat Earthing Terhadap Bagian Tubuh Kita



Teman-teman juga bisa membaca secara lebih menyeluruh mengenai manfaat terapi earthing pada jurnal yang saya lampirkan tersebut. 

Yuk, kapan-kapan kita coba terapkan aktivitas earthing ini ketika sedang berwisata di alam, dan ceritakan apa yang teman-teman rasakan, ya. 

Nah, kira-kira Bang Chris Martin berjalan tanpa alas kaki iitu juga buat grounding nggak ya?

Yang terjadi di dalam tubuh ketika earthing



No comments

Powered by Blogger.