Ulasan Laptop ASUS Vivobook Go 14 & Go 15

Ulasan Laptop ASUS Vivobook Go 14 & Go 15

Masih jarang yang bahas laptop bajet dengan harga bersahabat di kantong tapi performanya tetep berkelas. Apalagi kalau yang mengharapkan punya laptop dengan layar OLED dengan bajet di bawah 8 jutaan-an. Pertanyaannya? Memang ada laptop entry-level dengan bajet itu tapi layarnya OLED, ada AI-noise-canceling technology? Ada dong, sini merapat kita kenalan sama ASUS Vivobook Go 15. Satu lagi buat pelajar yang sedang cari laptop murah, ASUS Vivobook Go 14 juga bisa menjadi pilihan. Yuk, kita simak ulasan keduanya.

ASUS Indonesia baru saja mengumumkan kehadiran dua laptop terbarunya yaitu, Asus Vivobook Go 14 dan Asus Vivobook Go 15 di Indonesia. Head of Public Relations Asus Indonesia, Muhammad Firman, menyampaikan kalau kedua laptop tersebut merupakan salah satu gebrakan baru dari Asus khusus untuk market laptop entry-level. Keduanya merupakan laptop ringan yang dapat digunakan di mana dan kapan saja.

ASUS Vivobook Go 14


Kita bahas ASUS Vivobook Go 14 dulu ya, biar temen-teman yang masih sekolah atau mahasiswa yang saat ini sedang cari laptop langsung bisa memutuskan mau beli yang mana. 




ASUS Vivobook Go 14 (E1404F), bisa dibilang merupakan laptop terbaik di market entry-level. Hadir dengan ukuran yang tipis tapi nggak bikin kantong tipis, yaitu Rp.6.299.000. Desain bodinya ringkas, ringan, dan modelnya tetap kekinian, sehingga pas banget masuk ke tas backpack karena bodinya nggak bulky. Salah satu aspek yang menonjol dari laptop ini adalah dimensinya yang ramping dan ringan. Dengan ketebalan bodi hanya 17,9mm dan bobot sekitar 1,3kg.

Ringan dan ringkas nggak identik dengan ringkih karena ASUS Vivobook Go 14 sudah mengantongi sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar militer AS (US Military Grade MIL-STD-810H). 

Selain tangguh, laptop tipis dan ringan tersebut hadir dengan desain yang modern dan dibekali dengan port yang sangat lengkap untuk mempermudah penggunanya. Vivobook Go 14 (E1404F) dilengkapi dengan berbagai port yang akan memudahkan koneksi dengan perangkat lain. Port yang tersedia mencakup USB Type-C yang mendukung transfer data cepat, USB Type-A yang kompatibel dengan berbagai perangkat, HDMI untuk kebutuhan presentasi atau hiburan, dan juga 3.5mm combo audio jack untuk kebutuhan audio.

Selain itu, Vivobook Go 14 (E1404F) juga sudah menggunakan layar beresolusi Full HD yang dapat dibuka hingga 180° sehingga laptop ini lebih nyaman saat digunakan untuk sharing tampilan layar dengan teman-teman saat kerja bareng. Pada layarnya, ASUS menggunakan engsel atau hinge yang bisa dibuka hingga 180 derajat. Nah, ini bakal memudahkan sih, untuk teman-teman pelajar saat dipakai bekerja kelompok, bisa diskusi, pakai aplikasi corat-coret bareng, dll. Hinge yang mampu dibuka hingga 180 derajat juga menandakan bahwa engsel tersebut memiliki kualitas yang lebih baik dibanding engsel biasa.

Tidak hanya itu, laptop ini juga menawarkan kenyamanan ekstra saat digunakan berkat fitur keyboard ASUS ErgoSense. Keyboard ini dirancang untuk memaksimalkan pengalaman mengetik, mengurangi kelelahan pada jari, dan meningkatkan produktivitas. Dan menariknya, dibanding laptop lain di kelasnya, Vivobook Go 14 (E1404F) ini juga sudah menyediakan backlit keyboard. 

Yeaay, buat kalian yang suka ngetik estetik ini pasti cocok banget kan.

Dari sisi pengamanan, ASUS Vivobook Go 14 (E1404F) menyediakan webcam shield fisik agar tidak ada hacker yang mengintip aktivitas pengguna lewat webcam. Kehadiran privacy shield di webcam ini juga memudahkan pengguna saat sedang online meeting namun tidak ingin mengaktifkan kamera. Cukup menggeser switch, maka aktivitas kita tidak akan terlihat siapapun. 

Fitur keamanan lain pada laptop ini adalah adanya fitur fingerprint sensor yang terletak di area touchscreen. Ya, fingerprint sensor umumnya tersedia pada laptop mid-high untuk keamanan data dan juga kemudahan login ke Windows 11.

Masih ngerasa, udah cuma gitu doang nih? Sabar. Laptop ini juga sudah dilengkapi dengan Windows 11 Home yang tampilannya ramah di mata. Selain Window 11 juga sudah dibarengi dengan  genuine Microsoft Office 2021 . Nggak pakai bingung kan, karena sekali instal bisa digunakan selamanya. 

Karena sudah dilengkapi dengan Office Pre-Installed, teman-teman bisa langsung produktif berkarya nih, karena sudah ada aplikasi Office Home & Student 2021. Aplikasi Office versi lengkap (Word, Excel dan PowerPoint) memberikan semua fungsi yang dibutuhkan oleh pelajar dan mahasiswa. Karena dilengkapi dengan 100% aplikasi Office asli, software juga akan terus mendapatkan pembaruan keamanan yang rutin untuk melindungi perangkat, program dan data teman-teman.

Asus Vivobook Go 14 (E1404F) menawarkan beberapa fitur yang menjadikannya berdiri di atas kompetitor di kelasnya, salah satunya adalah layar Full HD dan tingkat kecerahan 250 nits. Banyak laptop 6 jutaan di segmen yang sama hanya menawarkan layar dengan resolusi HD, yang tentu saja tidak sebanding dalam hal ketajaman dan kejernihan gambar. 

Ataupun kalau sudah menggunakan layar Full HD, tingkat kecerahannya tidak terlalu tinggi. Selain itu, layar di Vivobook Go 14 (E1404F) juga dilengkapi dengan fitur low-blue light yang telah disertifikasi oleh TÜV Rheinland. Fitur ini bertujuan untuk meminimalisir radiasi sinar biru yang bisa berdampak negatif pada mata. Tidak hanya itu, desain layar laptop ini juga dibuat dengan NanoEdge Bezel, yang memungkinkan bezel layar tampil sangat tipis. 

Nah, gimana? Masih pusing mikirin mau beli laptop apa yang cocok buat sekolah. Pakai ASUS Vivobook Go 14 aja. 

Nah, buat yang punya bajet lebih dan pengin merasakan sensasi pakai laptop dengan layar OLED, bisa pakai Asus Vivobook Go 15. 

ASUS Vivobook Go 15

Nah, sekarang kita bahas seri yang satunya nih. Apa sih, yang membedakan ASUS Vivobook Go 14 dengan Go 15 ? 

Sesuai namanya, perbedaan pertama datang dari ukuran layar yang dibawakan masing-masing laptop. Untuk Asus Vivobook Go 14, memiliki ukuran layar 14 inci. Sementara saudaranya, berukuran 15,6 inci. 

Selain ukuran, tipikal layar yang disematkan pada keduanya pun beda ya. Vivobook Go 15 membawa layar OLED dengan kecerahan maksimal 500 nits, sementara Vivobook Go 14 menggunakan layar IPS dengan sertifikasi flicker-free TUV Rheinland. 

Dengan adanya finishing matte, hasil gambar yang ditampilkan laptop Asus Vivobook Go 15 tentu cukup memukau. Kendati demikian, layar Vivobook Go 14 juga tak jauh tertinggal. Hal ini dikarenakan keduanya memiliki resolusi layar yang sama (1920 x 1080 piksel). 

Soal beratnya, Asus Vivobook Go 15 memiliki berat 1,6 kg, sedikit lebih berat dari Vivobook Go 14 yang hanya 1,3 kg. Meski beratnya berbeda, tapi kedua laptop ini tampil sama tipisnya, yaitu 17,9 mm. 

Ada yang berbeda lagi dari Vivobook Go 15 yaitu, di keyboardnya dengan menyediakan tombol NumPad pada bagian kanan. Meski beda, keduanya sama-sama mengusung ErgoSense yang diciptakan secara presisi untuk kebutuhan mengetik. 

Sesuai namanya, Vivobook Go 15 OLED punya layar berukuran 15,6 inci. Layarnya memiliki resolusi Full HD dengan rasio layar 16:10 sehingga pandangan lebih luas untuk laptop 15 inci. Vivobook Go 15 OLED sudah tersedia di pasar Indonesia dengan opsi pilihan warna Green Grey, Cool Silber, dan Mixed Black. 

Asus menyediakan garansi global 2 tahun dan Perfect Warranty 1 tahun. Berikut harga resmi Asus Vivobook Go 15 OLED di Indonesia: Varian Ryzen 3/RAM 8GB/SSD 256GB: Rp 7.799.000 Varian Ryzen 3/RAM 8GB/SSD 512GB: Rp 8.099.000

Nah, opsi untuk laptop yang akan dibeli sudah bertambah lagi kan. Intinya dua-duanya sama-sama oke untuk kelas entry-level, jadi nggak perlu bingung ya, karena sudah diulas perbedaan keduanya.

No comments

Powered by Blogger.