Resep Makanan & Minuman Bergizi Untuk Anak Dengan Susu Cair Anak

Resep Makanan &  Minuman Bergizi Untuk Anak Dengan Susu Cair Anak

Kalau dipikir-pikir, sejak si kecil mulai mengonsumsi makanan pendamping ASI di usia 6 bulan, saya sudah beberapa kali berhadapan dengan si kecil yang GTM. Awal Mpasi, lancar dong sampai usia delapan bulan, tapi setelah itu ketika mulai tumbuh gigi, drama GTM pun dimulai. Menghadapi kondisi itu, tentunya saya kudu kreatif menyiapkan menu makanan dan minuman sehat untuk anak agar bisa mencukupi kebutuhan nutrisi hariannya. Kali ini saya akan membagikan kreasi makanan dan minuman sehat untuk anak dengan susu cair siap minum. 

Kenapa pakai susu cair anak siap minum? 

Alasannya adalah, saya nggak mau ketika anak-anak sedang susah makan, susu cair siap minum menjadi penggantinya. Karena menurut saya, anak-anak harus tetap belajar makan dan mengonsumsi bahan pangan yang bervariasi. 

Dengan menambahkan susu cair anak siap minum, maka makanan dan minuman yang disajikan  nilai gizinya bisa bertambah, dan dengan mengunakan susu cair siap minum yang disukai anak, rasa familiar dari susunya akan membuat anak lebih tertarik untuk mengonsumsi makanan tersebut. 

Kali ini, susu yang saya gunakan adalah susu cair anak Morinaga Chil*Go! varian original yang rendah gula dan kaya serat pangan inulin.

Resep Makanan &  Minuman Bergizi Untuk Anak Dengan Susu Cair Anak


Saya membuat tiga resep makanan bergizi untuk makanan utama, camilan, dan minuman. 

Pertimbangan membuat tiga kreasi karena di tulisan sebelumnya, saya sedang membiasakan anak untuk memulai pola makan sehat, yaitu dengan tiga kali makanan utama, dua kali camilan, dan juga minuman yang memberikan tambahan zat mikronutrien. 

Untuk makanan utama, saya membuat : 

Bola-Bola Ayam Saus Keju. 

Resep Bergizi Chill Go : Bola-Bola Ayam Saus Keju


Pertimbangan memilih kreasi ini karena anak saya saat ini sedang suka sekali belajar makan sendiri, sehingga saya membuat bentuk makanan yang mudah dipegang oleh Si Kecil. 

Berikut adalah bahan-bahan untuk Bola-Bola Ayam Saus Keju. 


Bahan Bola-Bola Ayam: 

150 gr daging ayam giling 
1 Butir telur 
1 SDM Tepung Maizena
2 SDM Tepung Tapioka 
Bawang putih bubuk 
Merica 
Gulgar secukupnya 

Bahan Saus : 
Bawang bombay 1/4 butir
1 buah bawang putih cincang halus
100 gr keju parut 
100 ml air matang
1 botol Susu Morinaga Chill*Go! Varian original 
1 SDM Tepung Maizena 

Bahan pelengkap : 
Kentang dipotong-potong memanjang 
Wortel 
Buncis 
Tomat 

Cara membuat : campur semua bahan untuk Bola-Bola ayam, uleni dan bentuk menjadi Bola-Bola, cemplungkan ke dalam rebusan  air yang sudah mendidih, tunggu hingga mengambang. Sisihkan

Selanjutnya membuat sausnya : 
Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum, masukan 100 ml air matang dan parutan  keju, aduk hingga keju meleleh. Setelah hampir mendidih, masukkan larutan tepung maizena, tunggu hingga mengental, koreksi rasa kemudian matikan kompor. Untuk mengencerkan saus yang mengumpal, masukan susu cair Morinaga Chill*Go! Aduk hingga didapatkan tekstur yang diinginkan. 

Sajikan bersama pelengkap, yaitu sayuran yang diblansir dan kentang goreng. 

Kreasi kedua adalah resep camilan padat gizi untuk Si Kecil, yaitu : 

Cheesecake Lumer Saus Berry Jelly. 

Cheesecake Lumer Saus Berry Jelly.


Bahan-bahannya :
Biskuit bayi atau biskuit gandum 100 gr
Keju diparut, pilih keju yang mudah lumer
Susu cair Morinaga Chill*Go! Varian original 
1 sdm tepung maizena
Gula-garam secukupnya. 
Buah beri-berian beku atau strawberry
Gelatin lembaran. 

Cara membuat : 
Hancurkan biskuit, taruh di dasar wadah atau cetakan. Lanjut membuat Berry jelly. 

Blender buah beri, masak dengan gula secukupnya, tunggu hingga mengental, masukkan gelatin lembaran yang telah dilelehkan dengan air. Masukkan ke dalam larutan beri. Tuangkan di atas adonan remahan kue. 

Buat keju lumernya. Lelehkan keju, tambahan sedikit air, gula, dan garam secukupnya. T
Tambahkan tepung maizena yang sudah dilarutkan dengan air, tunggu hingga mendidih, matikan kompor baru tuangkan susu cair. Aduk hingga rata, dan tuangkan di atas lapisan Panacotta. Dinginkan di lemari es. 

Untuk resep minumannya, saya membuat : 

Strawberry milk jelly drink. 

Strawberry Milk Jelly Drink


Dengan memanfaatkan Berry jelly yang sebelumnya sudah dibuat dan menambahkan susu cair Morinaga Chill*Go! varian strawberry. 

Nah, sudah lengkap deh menu satu hari untuk anak saya. 

Selain nutrisinya tercukupi dengan menambahkan susu cair Morinaga Chill*Go! ini saya jadi nggak khawatir soal pemenuhan kebutuhan serat pangan inulin, serat pangan ini
menjadi alah satu sumber prebiotik yang kaya serat dan bermanfaat untuk saluran cerna. 

Ketika saluran pencernaan anak sehat, otomatis daya tahan tubuhnya juga menjadi lebih kuat. 

Morinaga Chil*Go! kaya manfaat, antara lain Mengandung 9 vitamin dan 5 mineral dan sudah teruji secara klinis di laboratorium Kalbe dan Morinaga Jepang. Adanya sertifikasi BPOM dan berlabel halal juga bikin saya makin tenang. 

Kenapa Morinaga Chill*Go! ini sangat sesuai untuk dikreasikan menjadi menu favorit anak-anak, hal itu karena formulanya yang resep rendah gula, dan rasa susunya cocok dipadamkan dengan makanan bercita rasa asin maupun manis. 

Yuk, cobain juga bikin kreasi makanan atau minuman sehat dengan susu cair Morinaga Chill*Go! 

No comments

Powered by Blogger.