Mengatur Keuangan Bagi Freelancer

Mengatur Keuangan Bagi Freelancer


Sebagai pekerja freelance, di masa pandemi seperti saat ini baru terasa pentingnya menabung dan investasi. Jika dulu pekerjaan bisa datang setiap hari, di masa pandemi frekuensinya bisa berkurang. Hal ini tentu saja berimbas kepada pemasukan. Belajar dari tahun pertama menjalani hari-hari sebagai pekerja freelance di masa pandemi, tahun ini saya belajar untuk lebih bijak mengelola pemasukan. Salah satunya dengan mempersiapkan pos khusus untuk dana darurat dan juga investasi. Simak yuk, bagaimana kiat saya sebagai freelancer dalam mengelola pemasukan. 


Salah satu hal yang menjadi kekurangan ketika bekerja sebagai freelancer adalah, belum disiplin untuk mencatat pemasukan keuangan. Begitu uang masuk, atau invoice cair, sudah langsung digunakan, tanpa ada pencatatan terlebih dahulu. 

Kondisi tersebut membuat saya jadi nggak bisa menghitung sebenarnya berapa sih, pemasukan saya selama satu bulan, dan kemana saja larinya. 

Untuk itu, kiat penting yang ingin saya bagikan adalah disiplin mencatat pemasukan. 

Saya mulai merapikan invoice-invoice pekerjaan dalam satu folder, dan membuat catatan pembayaran. 

Setelah pemasukan tercatat dengan baik, barulah saya mulai membagi pemasukan menjadi beberapa pos. 

Sebelum membagi dalam pos-pos pengeluaran,di sini, saya perlu punya tujuan finansial terlebih dahulu, agar manajemen keuangan juga terarah. 

Tahun ini, salah satu pengeluaran yang akan cukup besar adalah di pos dana pendidikan. Karena saya harus menyekolahkan anak kedua masuk ke sekolah dasar, maka selain dana darurat harus dalam kondisi aman, pos dana pendidikan juga harus bertumbuh nilainya. 

Nah, karena baru mulai sekarang makanya waktunya bakal lama kalau saya ingin mencapai target nominal yang dibutuhkan. Karena jika hanya menabung biasa, nilainya baru bisa bertambah jika jumlahnya banyak. 

Nah, dari pengalaman di atas, saya rangkumkan kiat bagi freelancer untuk menata keuangannya ya : 

1. Selalu memiliki catatan pemasukan dan pengeluaran. 

2. Siapkan tujuan finansial sejak awal agar terarah manajemen keuangannya. 

3. Sisihkan penghasilan setiap harinya agar tidak terasa berat. Jika sudah terkumpul segerakan investasikan di instrumen investasi yang tepat

Langkah Investasi Bersama OVO | Invest untuk mengumpulkan dana pendidikan anak. 

Untuk itu, saya mulai melirik langkah investasi dengan menggunakan OVO | Invest karena ini bisa menjadi solusi bagi saya untuk mengumpulkan dana pendidikan untuk anak. 

Alasan Menggunakan OVO | Invest

Kenapa saya memilih OVO | Invest salah satunya karena kini OVO bersama Bareksa telah menghadirkan produk reksa dana pasar uang yang dikelola oleh Manulife Aset Manajemen Indonesia, bernama Manulife OVO Bareksa Likuid atau MOBLI.

Produk MOBLI ini baru diluncurkan secara resmi pada 26 Januari 2021. Hal ini merupakan terobosan terbaru di Indonesia yaitu dengan mengintegrasikan e-money dan e-investment. 

Cara memulai investasinya juga mudah banget. Kalau belum punya aplikasinya, unduh dulu di PlayStore maupun AppStore. Setelah itu isi data-data yang diperlukan. Untuk bisa melakukan investasi melalui OVO, kita musti upgrade OVO kalian menjadi OVO Premiere terlebih dahulu, ya. 

Ikuti terlebih dahulu langkah-langkah di bawah ini, ya : 

Untuk bisa melakukan investasi melalui OVO, kita musti upgrade OVO kalian menjadi OVO Premiere terlebih dahulu


Setelah itu, buka aplikasi OVO lalu cari ikon/logo “Invest”. 

Lakukan pendaftaran dengan mengikuti langkah-langkah yang diminta. 

buka aplikasi OVO lalu cari ikon/logo “Invest”



Proses verifikasi untuk bisa investasi biasanya memakan waktu maksimal 3 hari di luar hari kerja.

Jika sudah terverifikasi, maka kita sudah bisa mulai melakukan investasi dengan melakukan pembelian menggunakan OVO Cash. Buka portofolio kita lalu klik “Beli”. Jumlah minimum investasi adalah 10 ribu rupiah saja. Tapi karena saya harus lebih cepat mengumpulkan dana untuk pendidikan anak, maka saya menetapkan target investasi yang lebih besar jumlahnya. 

Proses pembelian sampai realisasi di portfolio biasanya memakan waktu maksimal 3 hari bursa (ini tidak termasuk akhir pekan dan hari libur, ya

Begini Mekanisme Pendaftaran dan Investasi OVO | Invest

a. Buka aplikasi OVO dan temukan ikon/logo “Invest”





b. Lakukan pendaftaran dengan mengikuti langkah yang ada. Proses verifikasi akan memakan waktu maksimal 3 hari di luar hari kerja.

c. Jika sudah terverifikasi, maka kita bisa mulai melakukan investasi dengan melakukan pembelian menggunakan OVO Cash. Buka portfolio Anda dan klik “Beli”

d. Jumlah minimum investasi adalah Rp 10,000 namun kita bisa memilih jumlahnya sesuai tujuan finansial dan kebutuhan. 

e. Proses pembelian sampai realisasi di portfolio memakan waktu maksimal 3 hari bursa (tidak termasuk akhir pekan dan hari libur)

Apa aja sih keunggulan investasi melalui OVO | Invest? 

1. Kita bisa mendaftar dengan mudah dan 100% online pada aplikasi OVO. 

2. Pembelian produk mudah dengan OVO Cash, mulai investasi dengan hanya Rp 10 ribu saja.

3. Tidak ada biaya administrasi pembelian.

4. Pencairan dana ke OVO Cash juga cepat, tanpa menunggu dan tanpa biaya administrasi.

5. Kita bisa mendapatkan potensi keuntungan dari return investasi atau imbal hasil investasi.

6. Portofolio investasi dapat dipantau dan diatur kapan saja dalam aplikasi OVO.

7. Jika ada kebutuhan darurat dan mendadak, kita bisa langsung mencairkan investasi kita ke OVO Cash. 

Rasanya lega ya, karena berkat kemajuan teknologi sekarang nggak perlu bingung lagi kalau mau berinvestasi bisa menggunakan gadget. 

Mekanisme Pencairan Investasi ke OVO Cash

1. Buka portofolio investasi : 





2. Klik pada button “Jual”



c. Input jumlah yang akan Anda jual



d. Secara langsung dana akan cair ke OVO Cash Anda

Setelah melakukan investasi dengan OVO | Invest ini mulai terasa kalau saya makin fokus mengelola pemasukan, misalnya belum sesuai target saya nggak bakalan membuat pengeluaran yang tidak terencana. 

Saya sudah merasakan bagaimana mudahnya berinvestasi dengan OVO, yuk teman-teman yang sudah menggunakan aplikasi OVO dicoba deh, untuk investasi sekalian, jadi nggak cuma buat belanja atau melakukan pembayaran saja. 

Setelah melakukan investasi dengan OVO | Invest ini mulai terasa kalau saya makin fokus mengelola pemasukan, misalnya belum sesuai target saya nggak bakalan membuat pengeluaran yang tidak terencana. 

Saya sudah merasakan bagaimana mudahnya berinvestasi dengan OVO, yuk teman-teman yang sudah menggunakan aplikasi OVO dicoba deh, untuk investasi sekalian, jadi nggak cuma buat belanja atau melakukan pembayaran saja. 

Buat kalian yag sedang belajar untuk investasi, yuk manfaatkan kesempatan Payday Promo OVO | Invest yang akan berjalan selama 25 April 2021 - 8 Mei 2021. Temen-temen bisa join langsung di link ini, dan bakal berkesempatan untuk mendapatkan Cashback hingga 200.000 OVO Points.



No comments

Powered by Blogger.