Manifesto Kelima : Jadwalkanlah

Manifesto Kelima dalam kiat menulis : Jadwalkanlah


Manifesto yang kelima dalam kiat menulis masih berkaitan dengan manifesto sebelumnya, yaitu konsistensi. Agar bisa menjaga konsistensi juga irama atau ritme tulisan (biasanya ketika menulis fiksi) maka kita harus mempertahankan jadwal yang rutin setiap harinya. 

membuat jadwal harian dalam kegiatan penulisan kita. 

Temukan terlebih dahulu waktu yang tepat, yaitu saat di mana kita merasa paling fresh, atau bisa juga dipilih berdasarkan pengamatan atau pengalaman kita.

Beberapa penulis mesinnya lebih lama panas, mereka baru bisa benar-benar fokus setelah melakukan beberapa pemanasan, misalnya dengan membaca sesuatu yang menggugah, atau menonton, atau berjalan-jalan, atau ngobrol. 

Lakukan menulis tanpa jeda, saat mesin kita sudah siap. Singkirkan distraksi, dan gunakan metode yang digunakan Chuck Palahniuk, ketika menset waktu untuk menulis. 

Pelajari kapan pikiran kita paling jernih saat akan menulis, misalnya kalau kita menulis di tengah malam yang sunyi atau di pagi-pagi buta hasil tulisan kita kualitas dan kuantitasnya baik maka di waktu itulah yang kita tetapkan sebagai 'saatnya menulis'. 

Jadwal yang kita buat juga harus kita taati, karena hanya dengan konsistensi saja sebuah kebiasaan baik dapat terbentuk.

No comments

Powered by Blogger.